Jenis KB dari Kondom Sampai IUD, Mana yang Aman Buatmu?

Beberapa jenis alat kontrasepsi yang aman untuk program keluarga berencana (KB) diyakini aman untuk para penggunanya.
Jenis KB dari Kondom Sampai IUD, Mana yang Aman Buatmu?
SOLOPOS.COM - Beberapa jenis alat kontrasepsi yang aman untuk program keluarga berencana (KB) diyakini aman untuk para penggunanya.q

Solopos.com, SOLO — Program keluarga berencana (KB) bertujuan untuk mengendalikan populasi dengan menurunkan risiko kehamilan seorang istri dalam keluarga. Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang dianggap aman untuk menerapkan program KB.

Dikutip dari laman resmi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Senin (14/6/2021), berikut alat kontrasepsi yang lazim digunakan untuk Indonesia:

1. Kondom

Kondom dinilai sebagai alat kontrasepsi yang sangat efektif menekan risiko kehamilan. Kondom dipasang pada alat kelamin pria untuk mencegah air mani masuk ke rahim. Ada berbagai jenis bahan kondom, di antaranya karet, plastik, dan bahan alami.

Baca Juga: Banyumas Belum Putuskan Tutup Sementara Objek Wisata

2. Pil

BKKBN menyebut pil KB merupakan jenis alat kontrasepsi yang aman dan tidak mengganggu hubungan seksual. Konsumsi pil KB dapat dihentikan setiap saat. Risiko terhadap gangguan kesehatan disebut juga sangat kecil.

3. IUD atau AKDR

Intrauterine device (IUD) atau alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) adalah alat kontrasepsi yang digunakan dalam rahim. Penggunaan AKDR maksimal adalah lima tahun dan harus diganti dengan yang baru. IUD atau AKRD bisa dicabut dan kesuburan akan kembali dengan cepat.

Baca Juga: Awas! Kecanduan Ganja Bisa Picu Gangguan Psikotik

4. Suntik KB

Jenis alat kontrasepsi yang satu ini bisa dibilang sangat efektif, BKKBN menyebut 0,1 hingga 0,4 kehamilan per 100 perempuan selama tahun pertama penggunaan suntik KB. Alat kontrasepsi suntikan juga mempunyai keuntungan, seperti tidak perlu menyimpan obat suntiknyab dan pemakaiannya bisa dalam jangka panjang.

5. Implan

Ini merupakan alat kontrasepsi yang digunakan di lengan atas bawah kulit dan sering digunakan pada tangan kiri. Keuntungan menggunakan jenis ini dalam program KB adalah aman, daya guna tinggi, tidak mengganggu produksi ASI, dan pengembalian tingkat kesuburan yang cepat setelah pencabutan.

Baca Juga: Archer Luncurkan Marker, Si Taksi Terbang Listrik

6. Vasektomi

Alat kontasepsi yang satu ini dipasang pada pria. Dikutip dari Detik.com, vasektomi merupakan metode kontrasepsi jangka panjang berupa operasi pemotongan vas deferens, yakni saluran berbentuk lubang tabung kecil dalam skrotum yang membawa sperma dari testis menuju penis. Dengan begitu, akses sperma menuju air mani jadi tertutup sehingga mencegah pembuahan.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago