Jenazah Tentara Korban Teroris Papua Dimakamkan di Tanah Kelahiran

Jenazah Sertu Anumerta Miskael Rumbiak, korban aksi brutal kelompok separatis teroris Maybrat dimakamkan di tanah kelahirannya di Kampung Friwen Waigeo Selatan.
SHARE
Jenazah Tentara Korban Teroris Papua Dimakamkan di Tanah Kelahiran
SOLOPOS.COM - Sertu Anumerta Miskael Rumbiak dimakamkan di kampung halamannya di Friwen Raja Ampat Papua Barat, Jumat (21/1/2022). (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

Solopos.com, MANOKWARI — Jenazah Sertu Anumerta Miskael Rumbiak, korban aksi brutal kelompok separatis teroris (KST) Maybrat dimakamkan di tanah kelahirannya di Kampung Friwen Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat Papua Barat, Jumat (21/1/2022).

Penghargaan kenaikan pangkat luar biasa operasi militer selain perang (Anumerta) diberikan kepada mendiang Miskael Rumbiak dari pangkat Sersan Dua (Serda) menjadi Sersan Satu (Sertu) diberikan langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Arm. Hendra Pesireron mengatakan prosesi pemakaman dilaksanakan melalui upacara militer dipimpin Dandim 1805/Raja Ampat Letkol Inf Stevie Joan Klots.

“Upacara militer pemakaman Sertu Miskael diiringi isak tangis keluarga dan ratusan warga Kampung Friwen yang turut berduka,” ujar Kapendam seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Kontak Tembak dengan KKB Papua, 1 Prajurit TNI Gugur, 4 Luka Serius

Mendiang Sertu Anumerta Miskael Rumbiak lahir di Yenbeser Raja Ampat pada 13 Mei 1999 merupakan putra keempat dari Eliezer Rumbiak dan Petrusina Sauyai.

“Miskael merupakan salah satu putra asli Papua terbaik yang bergabung dengan TNI AD dengan penugasan terakhirnya di Yon Zipur 20/PPA Sorong,” kata Kapendam.

Selanjutnya, Dandim 1805/Raja Ampat Letkol Inf Stevie Joan Klots selaku inspektur upacara dan mewakili TNI AD mengungkapkan duka cita yang mendalam atas gugurnya salah satu prajurit asli Papua tersebut.

“Saya atas nama Negara dan TNI AD menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Sertu Miskael Rumbiak, mendiang adala patriot sejati, patriot pembela rakyat” ucap Dandim.

Baca Juga: Menggila, KKB Papua Bakar Sekolah di Pegunungan Bintang

Dalam kesempatan tersebut pihak keluarga yang merupakan ahli waris juga mendapat asuransi dan santunan dari Pangdam XVIII/Kasuari, Danrem 181/PVT, Zipur 20/PPA serta Asuransi dari Asabri.

Sebelumnya Sertu Miskael Rumbiak gugur saat melaksanakan tugas perbaikan salah satu jembatan di Distrik Aifat Timur Tengah kabupaten Maybrat dan mendapat kontak tembak oleh KST di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis pagi (20/1/22).

Selain itu, tindakan KST tersebut juga mengakibatkan tiga prajurit mengalami luka berat dan hingga saat ini masih dirawat secara intensif.



Kata Kunci : Kkb Papua Teroris Papua
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago