SOLOPOS.COM - Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Solopos.com, SOLO-Jenazah artis senior Dorce Gamalama disalatkan sebagai laki-laki di Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. Padahal mendiang ingin jenazahnya diurus sebagai wanita.

Selain itu, jenazah Dorce Gamalama juga tidak diturunkan dari mobil jenazah. Hal ini lantaran sebelum meninggal, mendiang mengidap Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kerabat Dorce Gamalama, Ustadz Anan Muhajirin, yang bertindak sebagai imam salat jenazah mengatakan, hal tersebut berdasarkan hasil musyawarah bersama pihak keluarga. “Hasil musyawarah semuanya. jenazah disalatkan sebagai laki-laki,” kata Anan Muhajirin di Jakarta, seperti dikutip dari Antara pada Rabu.

Puluhan warga ikut menyalatkan jenazah Dorce Gamalama dari dalam masjid, sementara jenazah tetap berada di mobil ambulans karena protokol Covid-19.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Ini Deretan Penyakit yang Diidap Dorce Gamalama

Setelah disalatkan, jenazah Dorce Gamalama langsung dibawa menuju ke TPU Bantar Jati, Cipayung, Jakarta Timur, untuk dimakamkan. Dorce Gamalama meninggal dunia di RSPP Simprug Jakarta Selatan, Rabu, sekitar pukul 07.36 WIB, setelah terkonfirmasi positif Covid-19. Dorce dirawat di rumah sakit tersebut sejak 8 Februari 2022.

Dorce Gamalama lahir dengan nama asli Dedi Yuliardi di Solok, Sumatra Barat, pada 21 Juli 1963. Ibunya bernama Dalifah, seorang pedagang beras berdarah Minang, sedangkan ayahnya bernama Achmad, seniman sekaligus tentara berdarah Arab-Binjai.

Baca Juga: Kehidupan Pribadi Dorce Gamalama: Berganti Kelamin hingga Berganti Nama

Semasa hidup, pembawa acara Dorce Show ini pernah membuat wasiat yang isinya kala itu membuat heboh masyarakat karena dia ingin dimakamkan sebagai perempuan.  Dia mengatakan wasiat tersebut saat menjadi bintang tamu di podcast Denny Sumargo. Dia juga mengunggah sebuah video di akun Instagram miliknya tentang wasiat tersebut.

Artis yang kerap disapa Bunda itu mengatakan akan menyerahkan sepenuhnya saat dia meninggal dunia kepada pihak keluarga.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Dorce Gamalama Trending di Twitter

“Orang sudah mulai banyak membicarakan kematian saya. Seandainya memang saya meninggal, uruslah jenazah saya. Seandainya laki-laki yang mengurus, uruslah. Seandainya perempuan yang mengurus uruslah,” kata Dorce Gamalama mengatakan isi wasiatnya saat meninggal dunia, sebagaimana diunggah di akun Instagram miliknya, beberapa waktu lalu.

Dorce Gamalama juga menekankan bahwa ketika sudah tiada, jenazahnya harap diurus ssuai dengan kelamin yang ia miliki, yakni perempuan. “Uruslah sesuai dengan kelamin yang saya miliki. Insyaallah saya ikhlas,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya