SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turun ke Sungai Aare, Bern, Swiss, mencari keberadaan putranya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang di sungai tersebut sebelum pulang ke Indonesia. (Tangkapan layar Twitter/@Sobat_RK)

Solopos.com, BERN — Kedutaan Besar Rakyat Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss mengkonfirmasi bahwa jasad yang ditemukan di Bendungan Engehalde di Kota Bern, Swiss adalah anak Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril.

Menurut laporan resmi Kepolisian Bern, jasad Eril ditemukan di cekungan Bendungan Engehalde.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepolisian Bern menyebutkan seorang pria tak bernyawa diselamatkan di Bendungan Engehalde di Bern pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

Jenazah tersebut disebutkan sebagai WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Sungai Aare pada 26 Mei 2022.

Baca Juga: Doakan Eril, Warganet Banjiri Instagram Ridwan Kamil dengan Ucapan Duka

“Ahli dari polisi maritim Bern dapat menemukan mayat di cekungan limpahan bendungan dan kemudian menyelamatkannya dan dipastikan pria itu sudah mati,” demikian keterangan resmi yang dikutip, Kamis (9/6/2022).

Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui jenazah tersebut merupakan Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang di Aare sejak 15 hari lalu.

“Pria berusia 22 tahun itu pergi berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini,” imbuh laporan itu.

Baca Juga: Jenazah Eril Ditemukan, Ridwan Kamil: Kami Sudah Tenang

Adapun, pihak kepolisian memastikan sejak Eril hilang tindakan pencarian intensif telah dilakukan dari darat dan air, termasuk dengan mengerahkan drone, perahu, penyelam, dan anjing pelacak.

“Semua penyelidikan sekarang selesai,” tutup laporan polisi.

Duta Besar untuk Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad mengonfirmasi kabar mengenai penemuan jenazah Eril diperoleh dari pihak kepolisian.

Baca Juga: Istri Ridwan Kamil: Kecintaan pada Air yang Mengantarkan Eril Pulang

“Pihak polisi Swiss mengkonfirmasi jasad yang ditemukan adalah Eril,” ujar Muliaman.

Jasad tersebut berhasil dikonfirmasi setelah tim forensik dari kepolisian Swiss melakukan penelusuran DNA untuk menyamakan dengan DNA keluarga Ridwan Kamil.

Hasilnya jasad tersebut adalah jasad Eril. Pihak kepolisian juga sudah menyerahkan berkas ke pengadilan di Swiss sebagai prosedur untuk memulangkan jasad ke keluarga.

Berkas yang dikirimkan oleh kepolisan Swiss itu sudah disepakati oleh pengadilan untuk mengambil jasad dari Eril.

Baca Juga: Ibunda Eril: Dada Sesak, Air Mata Tak Kunjung Kering

“Sekitar dua jam yang lalu pengadilan memberikan kewenangan (bagi keluarga) untuk mengambil jasad Eril,” ucap Muliaman, Kamis (9/6/2022).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kronologi Penemuan Jasad Eril Versi Kepolisian Bern Swiss

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya