SOLOPOS.COM - Kondisi jembatan yang amblas di Ngemplak, Selasa (14/06/2022). Anisatul Umah - Harian Jogja.

Solopos.com, SLEMAN — Jembatan tua yang ada di belakang SDN Gaten, Sumberejo, Tempel, Sleman, DI Yogyakarta, ambles. Amblesnya jembatan itu membuat akses ke pasar, sekolah, sawah, dan untuk menunjang perekonomian warga jadi terganggu.

Kondisi amblesnya jembatan tersebut cukup parah. Separuh dari jembatan tersebut ambles. Sedangkan separuhnya lagi sudah mulai retak. Jembatan itu sudah ambles sejak sepuluh hari lalu.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Mantan Ketua RW 016, Ngemplak, sumberejo, Praja, mengatakan jembatan itu ambles pada 3 Juni 2022 setelah diterjang hujan deras.

Sebelum jembatan tersebut ambles, kondisinya memang sudah terjadi retakan di beberapa sisi sehingga akses jalan sudah mulai ditutup untuk kendaraan roda empat. Sedangkan kendaraan roda dua awalnya masih bisa mengakses, namun karena retakan semakin parah akhirnya ditutup total.

Baca Juga: Pohon Beringin Ambruk Timpa Wahana Permainan di Sleman

“Di hari Jumat 3 Juni [jembatan ambles]. Retakan di atas setelah hujan tiga hari,” ujarnya kepada Harian Jogja ditemui di lokasi kejadian, Selasa (14/6/2022).

Tanda-tanda jembatan akan ambles sudah nampak sejak 26 Mei 2022. Menurutnya selama tiga hari berturut-turut hujan deras dan menyebabkan pintu air jebol. Pintu air yang jebol ini menghantam pondasi jembatan.

“Memang pondasi lama, sudah bangunan lama. Sehingga turun pondasinya, di awal Juni jebol,” tuturnya.

Sejak 2019, dia sebut sebenarnya memang sudah ada retakan di bagian bawah jembatan. Untuk mengantisipasinya masyarakat sudah memasang tanda-tanda peringatan.

Baca Juga: Diterjang Angin Kencang, Beringin Berusia Ratusan Tahun Roboh di Sleman

Praja mengatakan rusaknya jembatan sudah diusulkan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah(RPJM) kecamatan dan lainnya. Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut.

“Sudah ada beberapa kunjungan ini, termasuk Bupati hari kemarin, kemudian ada DPR RI dan pak Panewu,” ujarnya.

Warga berharap amblesnya jembatan ini bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah dan lainnya, karena dari tingkat kalurahan tidak mampu untuk membiayai pembangunan jembatan ini.

Demi memudahkan akses warga, sebuah jembatan bambu dibangun di samping jembatan ambles. Pembangunan jembatan darurat ini menggunakan dana swadaya.

Baca Juga: Sepeda Motor Tabrak Truk di Sleman, Pengendara Motor Meninggal

“Akses jembatan dari tokoh-tokoh masyarakat. Akses kecil ke anak sekolah dan ibu-ibu yang ke pasar,” tuturnya.

Salah satu warga sekitar Sugiyem, 55, mengatakan akibat amblesnya jembatan untuk pergi ke sawah dan pasar harus melewati jembatan bambu.

“Kalau pakai motor muternya jauh, masih ada beberapa akses,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Parah! Jembatan di Sleman Ambles, Akses ke Sekolah dan Pasar Terganggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya