SOLOPOS.COM - Pengalihan arus lalu lintas akibat ambruknya Jembatan Geladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Sabtu sore (4/12/2021). (Antara/Satlantas Polres Lumajang)

Solopos.com, LUMAJANG — Jalur lalu lintas yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang lewat selatan di jalur Piket Nol ditutup total. Menyusul terputusnya Jembatan Geladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021) sore.

Jembatan tersebut runtuh diperkirakan akibat diterjang lahar dingin Gunung Semeru, sehingga pondasi yang menopang tidak kuat. Akibatnya ambruk dan tidak bisa dilalui.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Nugraha Yudha M mengatakan, pihaknya telah menyiagakan sejumlah personel untuk mengarahkan kendaraan yang akan melintasi Jalur Piket Nol.

“Saya mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan jalur yang tidak direkomendasikan oleh para petugas karena lewat Curah Kobokan sangat berisiko dan berbahaya, lebih baik memutar jalur saja,” katanya.

Baca juga: BMKG: Abu Vulkanik Semeru Tak Ganggu Penerbangan di YIA & Adi Soemarmo

Letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu sore menyebabkan sejumlah fasilitas dan infrastruktur rusak. Salah satunya Jembatan Geladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Jembatan tersebut menjadi satu-satunya jembatan penghubung antara Kecamatan Pronojiwo dengan Kecamatan Candipuro. Bahkan menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang melalui jalur Piket Nol.

Baca juga: Wabup Lumajang: 41 Orang Luka Bakar & 1 Meninggal Akibat Erupsi Semeru

Semua kendaraan dari Kecamatan Senduro (Kabupaten Lumajang) menuju ke Poncokusumo (Kabupaten Malang) maupun sebaliknya dialihkan untuk putar balik.

“Semua kendaraan dari arah Probolinggo tujuan Malang dialihkan putar balik dan semua kendaraan dari arah Jember tujuan Malang dialihkan lewat Probolinggo,” katanya dikutip dari Antara.

Semua kendaraan dari arah Malang menuju Kabupaten Lumajang dialihkan untuk kembali melewati Probolinggo karena Jembatan Perak di Piket Nol ambruk. Jembatan ambruk akibat lahar dingin letusan Gunung Semeru.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya