SOLOPOS.COM - Tampilan Jembatan Kretek 2 yang menjadi penghubung JJLS di Bantul. (Harianjogja.com-Catur Dwi Janati)

Solopos.com, BANTUL — Jembatan Kretek 2 yang menjadi penyambung Jalur Jalan Lintas Selatan (JLLS) di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hampir jadi. Tampilan jembatan ini pun cukup unik karena desain bentuknya yang menyerupai bajak sawah atau luku.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pembuat Jalan Nasional (PJN) Provinsi DIY Kementerian PUPR, Julian Situmorang, mengatakan saat ini progres pembangunan Jembatan Kretek 2 telah memasuki tahap finishing. Beberapa pengerjaan finishing seperti pemasangan sejumlah ornamen terus dikerjakan hingga Maret ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Masih ada beberapa pekerjaan yang memasuki tahap penyelesaian,” kata Julian, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Penghubung JJLS, Ini Progres Pembangunan Jembatan Kretek 2 Bantul DIY

Menurut Julian, struktur utama jembatan secara umum saat ini sudah selesai. “Ornamen yang dipasang sesuai dengan hasil koordinasi kami dengan Pemda DIY. Jadi sudah ada kesepakatan bentuknya seperti apa saja dan saat ini tengah kami kerjakan,” katanya.

Jembatan Kretek II mengusung filosofi Among Tani Dagang Layar dengan teknik stilisasi berbentuk luku, yang merupakan akronim dari laku urip kang utama. Bentuk luku dipilih sebagai wujud budaya agraris masyarakat DIY yang dipadukan dengan bentuk pikulan yang bermakna kerja keras dan kerja sama.

Selain itu terdapat pula stilisasi tiang layar kapal nelayan pantai selatan yang bermakna penyatuan agraris dan maritim yang mencerminkan bentuk masyarakat DIY yang nyawiji. “Itulah kira-kira landmark-nya, kami menyebutnya luku. Lampu jalan juga kami sesuaikan dengan konsep yakni berbentuk padi,” katanya.

Progres pembangun jembatan yang menghubungkan pesisir Sanden dan Kretek ini diklaim sesuai jadwal. Cuaca yang sering berubah tidak terlalu berpengaruh terhadap pengerjaan. Saat ini pengerjaan struktur telah beres dan menyisakan pekerjaan minor. Kontrak pembangunan Jembatan Kretek 2 habis pada Januari 2023, sehingga masih menyisakan waktu beberapa bulan lagi. “Mudah-mudahan rampung lebih cepat dari target,” katanya.

Baca juga: Mantap! DIY Bakal Punya Kelok 18, Sajikan Keindahan Pantai Selatan

Dosen Arsitektur Universitas Islam Indonesia (UII), Suparwoko, berpendapat desain jembatan berkonsep luku cukup bagus, karena memberikan unsur budaya lokal dalam bentuknya. Ia pun menilai Jembatan Kretek II bakal menjadi ikon lingkungan kawasan sekitar.

“Masyarakat sekitar bisa memanfaatkan ikon jembatan ini untuk kepentingan kegiatan sosial dan ekonomi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya