SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pengembangan wisata sekitar oleh Pemkab Bantul dan pembangunan jembatan tersebut oleh pemerintah pusat bisa dilakukan secara beriringan

Harianjogja.com, BANTUL-Pemkab Bantul menanggapi rencana pembangunan Jembatan Kretek Dua dengan pengembangan wisata di lokasi sekitarnya. Sejumlah objek wisata modern akan dibangun untuk menggaet wisatawan mancanegara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto mengatakan, rencana pembangunan tersebut sudah diketahui sejak beberapa waktu belakangan. Karena itu, pihaknya telah siap dengan pengembangan wisata kawasan tersebut. “Kita kembangkan wisata modern yang harapannya mampu menghadirkan wisata internasional,” katanya kepada Harianjogja.com, pada Selasa (20/3/2018).

Maksudnya ialah wisata tersebut bukan hanya sekadar mengandalkan keindahan alam seperti selama ini namun juga menggabungkan unsur hobi, minat, seni dan budaya. Ia mengatakan, akan ada sejumlah modifikasi terhadap wisata yang sudah ada ataupun yang akan diwujudkan. Salah satu contohnya ialah berupa sport center dirgantara dan wisata air di laguna sekitarnya.

Realisasinya masih belum dipastikan waktu karena pemerintah daerah saat ini masih menggodok rencana tersebut termasuk melakukan kajian. Namun, Kwintarto menyebutkan realisasinya tidak harus menunggu hingga jembatan megah tersebut berdiri. Pengembangan wisata sekitar oleh Pemkab Bantul dan pembangunan jembatan tersebut oleh pemerintah pusat bisa dilakukan secara beriringan sesuai kondisi di lapangan nanti.

Hanya saja, bisa dipastikan jika tahapan pertama yang dilakukan adalah dengan penataan laguna serta lokasi penjualan kuliner dan suvenir. Jika berjalan baik, bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan asing yang kebanyakan tertarik pada wisata minat khusus. Pasalnya, selama ini meskipun kawasan Parangtritis cukup dikenal hingga ke mancanegara, tetapi tidak diimbangi dengan jumlah kunjungan wisatawan asing.

Pemerintah pusat tahun ini berencana membangun jembatan baru yang melintang di atas Sungai Opak. Jembatan Kretek Dua ini membentang sepanjang 747,7 meter, yang terdiri dari jembatan utama dan jembatan penghubung. Infrastruktur ini akan menyambungkan ruas jalan baru, yakni Samas- Kretek dan Kretek-Parangtritis.

Lokasi jembatan, kurang lebih berada di samping Dit Polair Polda DIY. RJembatan akan dibangun empat lajur dengan lebar sekitar 24 meter. Infrastruktur ini akan dibangun pada tahun ini dan minimal selesai dalam waktu dua tahun.

Koordinator Perencanaan PPK Perencanaan Satuan Kerja (Satker) Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (Satker P2JN) DIY Ardiansyah mengungkapkan, untuk jembatan penghubung belum diketahui jenis konstruksinya seperti apa. Sebab, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya