SOLOPOS.COM - Panorama Gunung Bromo, Jawa Timur saat matahari terbit, Rabu (26/4/2020). (Bisnis-Abdullah Azzam)

Solopos.com, PROBOLINGGO — Pemerintah berencana membangun jembatan kaca di kawasan objek wisata Gunung Bromo, Tengger, dan Semeru. Jembatan kaca sepanjang 120 meter yang dibangun di area wisata Seruni Point, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) itu juga akan dilengkapi sederet fasilitas.

Prekayasa Madya Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Joko Purnomo, mengatakan untuk pemenang proyek pembangunan jembatan kaca itu sudah ditetapkan. Mereka juga telah siap melakukan pengerjaan dan hanya menunggu turunnya surat perintah mulai kerja (SPMK).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk kelancaran proses pembangunan, kami bersama Pemkab Probolinggo akan segera melakukan sosialisasi publik,” ujar Joko, dikutip dari Suara.com, Rabu 20/10/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Tol Trans Jawa Mudahkan Berwisata ke Gunung Bromo

Joko menambahkan pengerjaan jembatan kaca itu akan dilakukan dalam kurun waktu 11 bulan. Jembatan kaca yang berada di kawasan wisata Gunung Bromo ini nanti juga akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti tempat parkir, bangunan multifungsi, amphitheater, dan gate.

Di lokasi tersebut juga terdapat shuttle area, terdiri dari finish point yaitu kafe dan area penjemputan. Pengunjung yang melintasi jembatan kaca nanti juga akan disuguhi pemandangan perbukitan dan Gunung Bromo.

Sementara itu, jembatan kaca Seruni Point yang ada di kawasan wisata Gunung Bromo ini akan didesain dengan model jembatan suspended cable. Panjang jembatan kaca itu akan mencapai 120 meter, dengan kedalaman jurang sekitar 80 meter, dan lebar ukuran lantai sekitar 1,8 meter dan 3 meter.

Sedangkan untuk fondasinya akan digunakan tiang bor dan sumuran. Sementara material jembatan akan menggunakan kaca dengan pengaman berlapis SGP.

Baca juga: Jembatan Kaca Sepanjang 120 Meter di Kawasan Bromo, Bisa Uji Nyali Nih

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono, mengaku antusias dengan proyek jembatan kaca di Seruni Point Gunung Bromo itu.

“Semoga pembangunan jembatan kaca membawa manfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Serta nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Bromo, Tengger, Semeru,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya