SOLOPOS.COM - Jembatan Jurug B dan C di Jl Ir Sutami, Jurug, Jebres, Solo, terlihat dari ketinggian, Rabu (29/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kalangan pelaku usaha pariwisata di Karanganyar khawatir penutupan Jembatan Jurug B akan berdampak pada menurunnya jumlah wisatawan yang datang ke Bumi Intanpari.

Kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata diprediksi menurun karena akses utama dari Solo ke Karanganyar terbatas. Moda angkutan umum maupun pribadi harus melalui jalur alternatif untuk menuju lereng Lawu dari Solo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Penasihat Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karanganyar, Karwadi, mengatakan perbaikan Jembatan Jurug B dipastikan menimbulkan ekses geliat wisata di Karanganyar. Akses  wisatawan terutama dari luar kota ke Karanganyar selama ini hanya melewati jembatan Jurug.

Nantinya saat Jembatan Jurug B diperbaiki, maka akan ada rekayasa lalu lintas. Selain itu akan terjadi pula kepadatan arus lalu lintas yang membuat orang malas melakukan perjalanan.

Baca Juga: Inspiratif, Anak Tukang Parkir CFD Sragen Berhasil Lulus Cumlaude di UGM

“Ini akan berdampak pada pengunjung yang ingin berwisata di Karanganyar. Mestinya ada sosialisasi yang masif soal pengaturan lalu lintasnya,” kata dia kepada Solopos.com, Kamis (1/9/2022).

Ia menilai sosialisasi yang masif penting agar pengguna jalan tak tersesat saat terjadi pengalihan arus lalu lintas. Misalnya sosialisasi bahwa pengunjung yang menggunakan mobil pribadi dan bus wisata bisa melewati jalan tol kemudian lewat Kebakkramat untuk menuju Karanganyar.

Sebagai informasi, Jembatan Jurug B dari arah Solo ke Karanganyar, Sukoharjo, dan Sragen, akan mulai dibongkar pada September 2022. Selama pengerjaan Jembatan B Jurug, jembatan A akan diberlakukan dua arah. Akibatnya bakal terjadi penyempitan. Sedangkan jembatan C (jembatan lama) masih dipertimbangkan pemanfaatan untuk lalu lintas roda dua.

Baca Juga: 2 Jembatan Ditutup Bersamaan, Pemkot Solo Masih Matangkan Rekayasa Lalu Lintas

Pengguna kendaraan bermotor disarankan menghindari melewati jembatan Jurug. Mereka dapat keluar exit tol Karanganyar di Kemiri, Kebakkramat lalu menuju Karanganyar dengan mengambil rute Kebakkramat-Tasikmadu-Karanganyar atau Flyover-Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya