SOLOPOS.COM - Kepadatan arus lalu lintas terlihat di Jl. Ir. Sutami menuju jembatan Jurug C, Jebres, Solo, yang sudah diberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) dua arah pada hari kedua, Rabu (21/9/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO–Meskipun Jembatan Jurug B telah resmi ditutup pada Selasa (20/9/2022), pembongkaran masih belum dikerjakan.

Meski demikian, tahap persiapan dengan mengerahkan alat-alat berat sudah mulai dilakukan, dengan target pertama adalah membendung separuh arus dari Bengawan Solo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebelum tahap pembongkaran, nantinya pihak PT Bukaka sebagai kontraktor pengerjaan Jembatan Jurug B, menggelar acara Selamatan terlebih dahulu.

Menurut General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha KPBU Penggantian dan atau Duplikasi Jembatan Rangka Baja Callender Hamilton se-Pulau Jawa, Bambang Nurhadi, prosesi Selametan akan digelar pada Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Jembatan B Jurug Resmi Ditutup, Jalur Alternatif Sukoharjo Ramai Lancar

“Belum ada pembongkaran untuk sejauh ini, karena masih akan diadakan prosesi Selametan dulu, rencananya Kamis (22/9/2022) pukul 15.00 WIB,” urai Bambang Nurhadi kepada Solopos.com, Rabu (21/9/2022).

Ia juga menjelaskan diharapkan akan turut hadir Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Selain itu, ia juga menundang Dishub Kota Solo dan Karanganyar beserta Satlantas Polresta Solo dan Karanganyar.

“Jadi nanti juga ada doa bersama, mengundang Bapak Wali Kota Solo dan Bupati Karanganyar. Kalau memang tidak bisa hadir, mungkin bisa diwakili dari Kadishub Solo dan Karanganyar beserta Polresta Solo dan Karanganyar. Intinya kita minta supaya pengerjaan Jembatan Jurug B bisa lancar sampai selesai,” jelasnya.

Baca Juga: Jembatan Jurug A Menyusul Ditutup, Ratusan Pengendara Motor Kecele

Sebelumnya, Jembatan Jurug B di Bengawan Solo yang menjadi jalur kendaraan keluar Solo akhirnya resmi ditutup pada Selasa (20/9/2022) pukul 14.30 WIB. Kendaraan dari arah barat atau Solo sudah tidak bisa melewati jembatan tersebut.

Sementara arus lalu lintas dari arah barat semuanya dialihkan ke Jembatan Jurug C yang menjadi dua arah. Dalam pantauan Solopos.com, barikade dari besi dipasang menutup jalur menuju Jembatan Jurug B.

Sejumlah jalur alternatif disiapkan selama penutupan Jembatan Jurug B, selain menggunakan Jembatan Jurug C, sejumlah alternatif lain juga disiapkan mulai dari melewati Jembatan Mojo, diarahkan melalui Ringroad, khusus untuk truk dan kendaraan berat disarankan untuk melewati Jalan Tol Kebakkramat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya