SOLOPOS.COM - Seng penutup proyek Jembatan Jurug B, Solo telah selesai dipasang. Foto diambil Selasa (6/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menyiapkan tiga jalur alternatif saat Jembatan Jurug B di Sungai Bengawan Solo, Jebres, ditutup mulai 18 September 2022. Jembatan Jurug B akan dibongkar dan strukturnya diganti.

Selama pengerjaan Jembatan Jurug B, hanya Jembatan Jurug C yang bisa dilewati. Untuk mencegah terjadinya penumpukan arus lalu lintas di Jembatan Jurug C, Dishub telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dishub memberikan tiga pilihan rute alternatif bagi para warga yang biasanya melewati Jembatan Jurug B. Menariknya, salah satu yang menjadi alternatif adalah melalui Jembatan Mojo yang juga akan diperbaiki.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Taufiq Muhammad, dalam konferensi pers di ruang rapat Dishub Solo, Kamis (8/9/2022), mengatakan sudah menyiapkan MRLL dan jalur alternatif selama pengerjaan Jembatan Jurug B dan nantinya akan dievaluasi secara bertahap.

“Ini jembatan Jurug B akan dimulai 18 September sampai 5 Agustus 2022 atau selama satu tahun, kemudian nanti akan dijelaskan polanya seperti apa, waktunya dan pengalihannya seperti apa. Akan kami jelaskan ke masyarakat terkait jalurnya,” jelasnya.

Baca Juga: Pembongkaran dan Rawan Macet di Mana-Mana, DPRD Solo: Masyarakat Harus Sabar

Dalam presentasi yang disampaikan Taufiq pada kesempatan itu, jalur alternatif pertama adalah melalui Jembatan Mojo sebelum dan setelah masa perbaikan. Jembatan Mojo akan diperbaiki dan ditutup total dimulai pada 26 September atau 3 Oktober hingga 30 November 2022.

Rute yang dilewati adalah Jl Kapten Mulyadi, Jl Kyai Mojo, menuju Bekonang, Sukoharjo, dan berlaku sebaliknya. Jalur alternatif kedua saat Jembatan Jurug B ditutup adalah melewati Ring Road, Mojosongo, Solo.

Langkah Antisipasi

Dari Simpang Panggung ambil arah Jl Brigjen Katamso menuju Jl Sumpah Pemuda, Ring Road, dan sebaliknya. Sedangkan alternatif ketiga yakni lewat jalan tol melalui pintu tol Ngemplak atau Kebakramat.

Baca Juga: Jam Masuk ASN – Pelajar Solo Mundur saat 2 Jembatan Ditutup, Gibran Masih Mikir

Dishub juga memberikan beberapa langkah antisipasi agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas saat pengerjaan Jurug B. Di antaranya mengajak masyarakat menggunakan moda transportasi kecil, penggunaan rute alternatif yang sudah disediakan agar tidak terjadi kepadatan dan jika menggunakan mobil disarankan untuk melewati jalan tol.

“Evaluasi pelaksanaannya nanti akan dilakukan secara periodik dengan mempertimbangkan aspek keselamatan dan kelancaran lalu lintas seperti apa. Kami berharap para pengendara juga tertib untuk berlalu lintas,” ucap Taufiq.

Sebelumnya, Solopos.com sempat melakukan simulasi dengan menyusuri salah satu jalur alternatif saat Jembatan Jurug B Solo yakni melalui Ring Road Mojosongo. Mengembil start dari jalan Solo-Sragen wilayah Kebakkramat, Karanganyar, Solopos.com menyusuri ring road kemudian masuk Jl Sumpah Pemuda.

Baca Juga: 2 Jembatan Bengawan Solo Ditutup, Disdik Diminta Identifikasi Sekolah Terdampak

Dari Jl Sumpah Pemuda menuju Jl Tentara Pelajar, lalu ke Jl Ahmad Yani dan sampai di Terminal Tirtonadi Solo. Total jarak tempuhnya 24 km dengan waktu tempuh 45 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya