SOLOPOS.COM - Seng penutup proyek Jembatan Jurug B, Solo telah selesai dipasang. Foto diambil Selasa (6/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah alat berat disiapkan untuk tahap pembongkaran Jembatan Jurug B di Sungai Bengawan Solo yang akan dimulai pada pekan depan. Tahap pembongkaran ini rencananya rampung pada November 2022.

Sebagai informasi, Jembatan Jurug B nantinya ditutup total mulai Senin (19/9/2022) pukul 10.00 WIB. Selain alat berat untuk pembongkaran, terdapat beberapa alat untuk memasang fondasi bored pile di saat yang bersamaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Efisiensi kerja menjadi faktor utama, mengingat musim hujan berpotensi membuat arus Sungai Bengawan Solo naik. Ha itu diungkapkan General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha KPBU Penggantian dan atau Duplikasi Jembatan Rangaka Baja Callender Hamilton se-Pulau Jawa, Bambang Nurhadi.

Diwawancarai Solopos.com, Kamis (15/9/2022),  alat berat untuk pembongkaran Jembatan Jurug B Solo akan mulai masuk pada Sabtu (17/9/2022). “Jadi mulai Sabtu nanti alat-alat berat akan mulai masuk ke lokasi pengerjaan Jembatan Jurug B. Nanti ada dia crane dua dan breaker beton buat mempermudah pembongkaran,” ulasnya.

Mengenai pengerjaan fondasi, Bambang menjelaskan waktu yang dibutuhkan bisa jadi lebih singkat dari jadwal. Namun, ia juga mewaspadai musim hujan yang bisa menjadi kendala pengerjaan fondasi mengingat arus Sungai Bengawan Solo yang cukup deras.

Baca Juga: Penutupan Jembatan Jurug B Solo Diundur, MRLL dan Persiapan Sarana Belum Matang

Mundur Sehari

“Rencananya pengerjaan tiang pancang 50 meter kalau bisa satu hari bisa dua atau tiga titik. Kalau untuk bored pile nanti satu hari dua titik. Andai tidak hujan bisa cepat, tapi ya waspada karena gelombang Bengawan Solo cukup deras ketika ada hujan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Jembatan Jurug A dan B Solo akan ditutup total mulai Senin (19/9/2022) untuk pembongkaran dan pembangunan jembatan B. Jadwal ini mundur sehari dari rencana semula Minggu (18/9/2022).

Jembatan Jurug A ditutup bukan karena akan diperbaiki namun supaya tidak dilewati kendaraan mengingat struktur bangunannya yang sudah rapuh. Selama penutupan dua jembatan itu, Jembatan Jurug C menjadi tumpuan arus lalu lintas baik masuk maupun keluar Solo.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Solo Gunakan Struktur Box Girder, bakal Jadi Cantik dan Megah

Pelaksana proyek dan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo serta Dishub Karanganyar akan melakukan sosialisasi mengenai penutupan Jembatan Jurug B dan manajemen rekayasa lalu lintas dengan menyebar pamflet di kawasan Palur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya