SOLOPOS.COM - Kepadatan arus lalu lintas di Jembatan Jurug C yang mulai berlaku dua arah menyusul penutupan Jembatan Jurug B Solo, Selasa (20/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Satlantas Polresta Solo mendeteksi beberapa lokasi rawan macet sebagai dampak penutupan Jembatan Jurug B di Sungai Bengawan Solo wilayah Jebres per Selasa (20/9/2022) pukul 14.30 WIB.

Wakasatlantas Polresta Solo, AKP Sutoyo, menjelaskan ancaman kemacetan dan kepadatan lalu lintas menjadi perhatian utama saat Jembatan Jurug B ditutup. Ia mendeteksi ada simpul-simpul arus lalu lintas yang akan menjadi titik rawan kemacetan utama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kepadatan nantinya akan berada di daerah Sekarpace, Jl HOS Tjokroaminoto bersilangan dengan Jl Ir Sutami. Tapi kami antisipasi dengan rekayasa dari titik ke depan, di Simpang Empat Kelipaan itu sudah ada. Kemungkinan nanti akan ditambah di Warung Pelem,” jelasnya saat ditemui wartawan di Jembatan Jurug B, Selasa (20/9/2022).

Untuk memecah kemacetan di lokasi-lokasi rawan macet akibat penutupan Jembatan Jurug Solo tersebut, Sutoyo mengatakan kendaraan akan diarahkan menuju Ring Road Mojosongo. Sedangkan mengenai warga yang berusaha menerobos barier, Sutoyo menegaskan fungsi pengawasan dan kualitas barier sudah sangat mumpuni.

Barier sudah diisi air dan diberikan pengait. Hal itu seharusnya bisa mencegah warga yang berusaha menerobos pembatas yang dipasang. “Warga akan menjadi lebih tertib dan tentu tidak bisa lewat, ditambah nanti ada petugas dari Satlantas, Dishub dan pelaksana proyek untuk pengawasannya,” jelasnya.

Baca Juga: Jembatan Jurug C Dinilai Sempit, Dishub Solo: Maksimalkan Jalur Alternatif

Terkait kemacetan dan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL), Sutoyo menambahkan nantinya akan terus ada evaluasi selama proyek ini berlangsung. Ada sejumlah jalur alternatif yang disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo selain melewati Jembatan Jurug C.

Jalur Alternatif

Jalur yang pertama untuk mengurangi kepadatan di lokasi rawan macet akibat penutupan Jembatan Jurug adalah melalui Jembatan Mojo Solo di luar masa perbaikan dan penutupan pada 26 September-30 November 2022. Rutenya dari Solo lewat Jl Kapten Mulyadi, Jl Kyai Mojo, Jembatan Mojo, menuju Bekonang, Sukoharjo.

Alternatif kedua adalah melewati Ring Road dari Simpang Panggung, Jl Brigjend Katamso, menuju Jl Sumpah Pemuda, Ring Road dan sebaliknya. Sedangkan alternatif ketiga adalah melalui jalan tol dari pintu tol Ngemplak ataupun Kebakkramat.

Baca Juga: Jembatan Jurug B dan Mojo Solo Ditutup, Sopir Ambulans Khawatir Kesulitan Akses

Seperti diketahui, Jembatan Jurug B Solo akhirnya ditutup mulai Selasa (20/9/2022) pukul 14.30 WIB setelah sempat tertunda. Sebelumnya, Jembatan Jurug B direncanakan ditutup mulai Minggu (18/9/2022) tapi kemudian diundur hingga Senin (19/9/2022).

Rencana penutupan Jembatan Jurug B mulai Senin pukul 10.00 WIB juga mundur karena ada kendala teknis yakni truk pengangkut barier mengalami kerusakan di wilayah Semarang sehingga terlambat sampai di Solo.

Truk itu baru sampai pada Senin malam. Petugas pun langsung memasang barier tersebut hingga selesai pada Selasa siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya