Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Jembatan Jurug B Solo Dibongkar 1 Oktober 2022, Begini Rencananya

Pemerintah bakal membongkar jembatan Jurug B selama tiga bulan, yakni pada 1 Oktober 2022 sampai 17 Januari 2023 dan pengalihan arus lalu lintas juga mulai 1 Oktober 2022.
SHARE
Jembatan Jurug B Solo Dibongkar 1 Oktober 2022, Begini Rencananya
SOLOPOS.COM - Jembatan Jurug A (dari Solo-Karanganyar) akan dibongkar tahun ini. (google map)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah bakal membongkar jembatan Jurug B di Kota Solo, Jawa Tengah selama tiga bulan, yakni pada 1 Oktober 2022 sampai 17 Januari 2023.

Dampak dari pembongkaran jembatan Jurug B itu adalah pengalihan arus lalu lintas juga akan dilakukan mulai 1 Oktober. Setelah pembongkaran jembatan Jurug B rampung pada 17 Januari 2023, pekerjaan dilanjutkan pada konstruksi bangunan. Pekerjaan konstruksi ditargetkan rampung pada 2 Desember 2023.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Demikian Hasil Rapat Koordinasi Lanjutan Penggantian Jembatan Jurug B dan Rehabilitasi Jembatan Mojo, Senin, (27/06/2022). Hasil rapat pekerjaan rehabilitasi Jembatan Jurug B diunggah Instagram @dpupr_surakarta.

Persiapan pembangunan Jumbatan Jurug B akan mulai dilakukan pada 1 September sampai 30 September 2022. Persiapan meliputi mobilisasi alat pembongkaran movable concrete block (MCB) dan movable plastic barier (MPB), pemasangan pagar proyek, pemasangan banner, dan rambu-rambu.

Selanjutnya, pembongkaran dan pengecoran median jalan untuk jalan pengalih traffic, pemasangan MCB dan MPB untuk pengalihan traffic di jalan Detour, dan pembongkaran utilitas.

Baca Juga : Kuno! Jembatan Jurug Solo Sudah Lelah, Butuh Perbaikan

Tahapan selanjutnya pembongkaran aspal, lantai beton, rangka jembatan dan jembatan existing pada 1 Oktober sampai 17 Januari 2023. Kemudian, pekerjaan konstruksi jembatan baru Jurug B mulai 17 januari 2023 sampai 2 Desember 2023.

Adapun pengalihan arus menggunakan jembatan Jurug C atau jembatan Jurug sisi selatan dari arah Solo dan lewat tol. Pemerintah dan pihak terkait akan melakukan simulasi lalu lintas dampak pekerjaan jembatan Jurug B. Simulasi akan dilaksanakan pada jam tidak sibuk.

Kendaraan bermuatan besar hanya diperbolehkan melalui tol selama pelaksanaan pekerjaan. Sementara untuk jembatan Jurug C hanya boleh dilalui kendaraan ringan dan roda dua.

Rekayasa lalu lintas saat pelaksaan pembangunan jembatan Jurug B akan dialihkan ke jembatan Jurug C yang semula satu arah menjadi dua arah.

Baca Juga : Sejarah Jembatan Jurug: Wujud Kemegahan Kota Solo Warisan PB X

Staf Teknis Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Andreawan Setyo Nugroho, mengatakan informasi pekerjaan rehabilitasi jembatan Jurug B telah diunggah pada @dpupr_surakarta supaya tidak terjadi kerancuan terhadap informasi yang beredar di lapangan.

“Pengalihan arus lalu lintas jembatan Jurug mulai 1 Oktober 2022,” jelasnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode