SOLOPOS.COM - Pengendara motor melintas di kawasan Jembatan Jurug B Solo yang telah ditutup pagar seng., Selasa (6/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pengerjaan Jembatan Jurug B di Sungai Bengawan Solo segera dimulai dan akan ditutup total mulai Minggu (18/9/2022) hingga pekerjaan selesai pada Agustus 2023 mendatang. Akan ada pembongkaran struktur Jembatan Jurug B yang akan diganti dengan struktur baru.

Dengan waktu penutupan yang kian dekat, kontraktor terus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo terkait finalisasi manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) saat Jembatan Jurug B diperbaiki.  Apalagi di saat yang sama pengerjaan elevated rail Simpang Joglo dan Jembatan Mojo juga berjalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha KPBU Penggantian dan atau Duplikasi Jembatan Rangaka Baja Cale der Hamilton se-Pulau Jawa, Bambang Nurhadi, mengatakan sedang membahas persiapan final terkait pengerjaan Jembatan Jurug B Solo yang akan ditutup.

“Besok Kamis [15/9/2022] akan ada rapat bahasan terakhir dengan Dishub Solo, terkait finalisasi sebelum pengerjaan Jembatan Jurug B. Nantinya akan dibahas seperti apa MRLL saat pengerjaan mengingat juga Jembatan Mojo dan Simpang Joglo sedang diperbaiki juga. Selain itu juga untuk mendiskusikan alat-alat berat yang masuk,” jelasnya kepada Solopos.com, pada Rabu (14/9/2022).

Pembahasan ini merupakan langkah mitigasi dari kontraktor karena dampak dari pengerjaan Jembatan Jurug B sangat luas. Jembatan Jurug B merupakan jembatan yang menjadi akses keluar masuk Kota Solo.

Baca Juga: 2 Jembatan Ditutup, DPRD Solo: Jam Masuk Sekolah dan ASN Tak Perlu Diubah

Langkah Mitigasi

“Pembahasan ini kami lakukan finalisasi sebagai langkah mitigasi, misal akses ke Jembatan Jurug C nanti seperti apa, sama arus kendaraan berat bagaimana. Karena jelas dampak dari pengerjaan Jembatan Jurug B ini sangat luas, jadi perlu pembahasan yang serius,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Kepasa Seksi MRLL Dishub Kota Solo, Mudo Priyatno, membenarkan akan adanya pembahasan final sebelum Jembatan Jurug B dibongkar dan ditutup. Pembahasan nanti terkait MRLL hingga akses kendaraan berat.

“Ya, besok akan ada pertemuan dengan kontraktor Jurug B, kaitannya dengan adanya MRLL saat pengerjaan sama akses alternatif saat pengerjaan seperti apa,” jelasnya.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Solo Ditutup, Warga Bisa Pilih 3 Rute Jalur Alternatif

Seperti diketahui, Jembatan Jurug A dan B akan ditutup total mulai 18 September untuk pembongkaran dan pembangunan Jembatan B. Jembatan Jurug A ditutup bukan karena akan diperbaiki namun supaya tidak dilewati kendaraan mengingat struktur bangunannya yang sudah rapuh.

Selama penutupan dua jembatan itu, Jembatan Jurug C menjadi tumpuan arus lalu lintas baik masuk maupun keluar Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya