SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor di jalur lambat sisi utara Jl Raya Palur, Kabupaten Karanganyar, Rabu (21/9/2022) akan melintas Jembatan Jurug A yang sudah ditutup sejak Selasa (20/9/2022) malam. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR–Hanya selang beberapa jam setelah Jembatan Jurug B ditutup, Selasa (20/9/2022),  Jembatan Jurug A juga menyusul ditutup.

Sementara itu, ratusan pengendara sepeda motor dari arah Karanganyar ke arah Solo yang belum tahu tentang penutupan Jembatan Jurug A tersebut kecele.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Seperti diketahui, penutupan Jembatan Jurug B dilakukan Selasa pukul 14.30 WIB. Saat itu kendaraan masih bisa melintas via Jembatan Jurug C maupun Jembatan Jurug A.

Namun, sekitar pukul 20.45 WIB, Jembatan Jurug A menyusul ditutup, sehingga sekarang satu-satunya jembatan di kawasan Jurug yang masih digunakan adalah Jembatan Jurug C, baik untuk kendaraan dari arah Karanganyar menuju arah Solo maupun sebaliknya.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Mulai Ditutup, Begini Arus Lalin Jembatan Jurug A dan C

“Terhitung mulai Selasa [20/9/2022] sampai dengan evaluasi berikutnya jembatan A dan Jembatan B sudah dilaksanakan penutupan, sehingga seluruh kendaraan akan diarahkan melintas Jembatan C, baik dari Solo ke Karanganyar atau sebaliknya,” ujar Kaur Bin Ops Satlantas Polres Karanganyar Iptu Anggoro Wahyu Setiabudi mewakili Kasatlantas AKP Yulianto, Selasa malam.

Karenanya pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan yang akan melintasi Jembatan Jurug terutama pada jam padat, yakni pukul 06.30-08.30 WIB dan pukul 16.00-18.00 WIB agar masyarakat mempersiapkan waktu perjalanan dan mengecek situasi lalu lintas melalui aplikasi peta, serta menggunakan kendaraan kecil/transportasi umum.

Selain itu, pengguna jalan disarankan menggunakan jalur alternatif yakni jalan lingkar Sroyo di Kecamatan Jaten tembus Mojosongo Solo, jalan lingkar Sroyo tembus kompleks belakang kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), via gerbang tol Kebakkramat, dan via Jembatan Mojo di Sukoharjo (sebelum 26 September).

Selain itu, pihaknya juga akan memberlakukan sistem buka tutup di Jl Raya Palur bawah flyover Palur jika terjadi kepadatan tinggi arus lalu lintas.

Baca Juga: Jembatan Jurug B Mulai Ditutup, Jembatan A Masih Bisa Dilewati Motor

Sementara itu, pantauan Solopos.com, di timur Jembatan Jurug A, Rabu pagi, ratusan pengendara sepeda motor yang menuju ke arah Solo masih hendak melintasi jembatan tersebut.

Mereka umumnya berasal dari arah Jl Banaran dan jalan kampung di sekitarnya kemudian menyusuri jalur lambat sisi utara Jl Raya Palur tersebut.

Hingga jarak dengan jembatan cukup dekat, mereka belum mengetahui bahwa Jembatan Jurug A tersebut sudah ditutup sehingga mereka kecele.

Sebagian memilih mengambil jalur tikus melewati bawah Jembatan Jurug A (hingga Selasa pagi belum ditutup) tembus di sisi selatan Jl Raya Palur. Kemudian mereka masuk ke jalur yang mengarah ke barat atau ke Jembatan Jurug C. Sebagian lainnya memilih berbalik arah ke timur dan berbalik arah di bawah flyover Palur.

Meski demikian, ada pula warga yang nekat menggeser barrier/menerobos penghalang Jembatan Jurug C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya