Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Jembatan Jurug A Bakal Dibongkar, Siap-Siap Solo Macet Parah

Pembongkaran Jembatan Jurug A tahun ini diprediksi membuat Solo macet parah karena ada proyek pembangunan jalan di lokasi lain di solo di tahun yang sama.
SHARE
Jembatan Jurug A Bakal Dibongkar, Siap-Siap Solo Macet Parah
SOLOPOS.COM - Jembatan Jurug A (dari Solo-Karanganyar) akan dibongkar tahun ini. (google map)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) dikabarkan bakal membongkar Jembatan Jurug A pada tahun ini. DPRD Solo meminta pemerintah mempertimbangkan betul dampak kemacetan yang akan ditimbulkan dan dicarikan solusinya.

Ketua Komisi III DPRD Solo, YF Sukasno, mengonfirmasi adanya rencana pembongkaran dan penggantian Jembatan Jurug A. Proyek itu dari Kementerian PUPR. “Semua dari kementerian. Tinggal menunggu kesiapan Dishub Solo,” ungkap dia.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Terkait dampak dari pembongkaran Jembata Jurug A, Sukasno meminta Kementerian PUPR, Dishub Solo, dan Dinas PUPR Solo berkoordinasi. Menurut dia harus ada perhitungan secara cermat tentang dampak kemacetan yang ditimbulkan.

“Tahun ini proyek Simpang Joglo dimulai. Padahal di sana ada perencanaan underpass. Tahun ini juga Jembatan Mojo akan ditutup karena ada pekerjaan rehabilitasi jembatan. Kalau Jembatan Jurug A ditutup dampak kemacetannya luar biasa,” urai dia.

Politikus PDIP tersebut memprediksi dampak kepadatan arus lalu lintas dari penutupan Jembatan Jurug A akan sangat terasa di Solo utara dan Solo timur. “Apalagi ring road atau jalan lingkar Mojosongo pasti terjadi keruwetan luar biasa,” ujar dia.

Baca Juga: Pengumuman, Jembatan Jurug A Solo Bakal Dibongkar Tahun Ini

Sebagai informasi, Jembatan Jurug A adalah sisi jembatan yang dilewati kendaraan dari arah Solo menuju Karanganyar.

Sebelumnya diberitakan, beredar kabar di Instagram bahwa Jembatan Jurug akan dibongkar dan dibangun ulang pada 23 Juli 2022 hingga 22 September 2022. Dampaknya, Jembatan Jurug B akan dijadikan jalur dua arah dari sebelumnya hanya untuk kendaraan yang melaju ke arah Solo dari Karanganyar.

Tapi khusus kendaraan berat diimbau melalui jalan tol. Untuk menghindari terjadi kemacetan, kendaraan roda dua dan roda empat dari atau ke arah Karanganyar bisa melewati Bekonang-Pasar Kliwon. Sedangkan kendaraan roda dua dan empat dari dan ke arah Sragen bisa melalui Jalan Lingkar Mojosongo.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, saat dihubungi melalui telepon seluler (ponsel), Sabtu (14/5/2022), membenarkan adanya rencana pembongkaran Jembatan Jurug A pada tahun ini.

Baca Juga: Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Tapi kewenangan menjelaskan rencana pembongkaran tersebut ada pada Kementerian PUPR. “Itu Kementerian PUPR, saya tidak berani statement. Itu sebenarnya belum detail waktu, belum detail teknisnya, tapi sudah bocor,” ujar dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode