SOLOPOS.COM - Kendaraan melintasi Jembatan Jonasan di Jl Juanda Solo yang baru selesai direhab dan dibuka untuk umum, Senin (20/12/2021) siang. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jembatan Jonasan di Jl Juanda, Solo, akhirnya dibuka untuk umum, Senin (20/12/2021). Sebelumnya arus lalu lintas melewati jalan tersebut ditutup karena ada perbaikan jembatan. Diharapkan dengan dibukanya jalur tersebut bisa mengurai kemacetan di momentum Natal dan Tahun Baru kali ini.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Senin (20/12/2021) pagi, jembatan Jonasan masih ditutup untuk umum. Teralis besi pembatas jalan masih terpasang di masing-masing ujung jembatan. Sejumlah pekerja masih beraktivitas di atas jembatan itu. Kendaraan yang melalui Jl Juanda juga masih dialihkan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Namun pada Senin siang, sekitar pukul 13.00 WIB, jembatan tersebut sudah dibuka unttuk umum. Pembukaan jalan tersebut disaksikan sejumlah petugas, baik dari kepolisian, Dinas Perhubungan maupun dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo.

Baca Juga: Ada Usulan Presidential Threshold 0 Persen, PKR: Kami Ikut Pemerintah

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Mudo Prayitno, mengatakan pada hari itu ruas Jl Juanda Solo, tepatnya di Jembatan Jonasan sudah bisa dilewati kendaraan umum. “Konstruksi jembatan sudah selesai. Material sudah aman. Tadi kami juga sudah uji coba. Memastikan bahwa ruas ini sudah aman dilalui masyarakat,” jelasnya.

Potensi Kenaikan Volume Kendaraan

Dibukanya jembatan itu diharapkan bisa mengurai kepadatan lalu lintas di Jl Ir Soetami maupun Jl Kolonel Sutarto, Jebres, Solo. Terlebih pada momentum Natal dan Tahun Baru ini.

Sebelumnya Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, mengatakan pada momentum Natal dan Tahun Baru kali ini, meski masih dalam masa pandemi Covid-19, ada potensi kenaikan jumlah kendaraan yang melintas di Solo.

Baca Juga: Konser Pembuka RIS 2022 Diklaim Berhasil, Gibran: Bisa Jadi Percontohan

Potensi kepadatan lalu lintas dan kemacetan pun harus diantisipasi. Beberapa lokasi yang diwaspadai adanya kepadatan lalu lintas di antaranya lokasi-lokasi pembangunan jalan atau jembatan.

Sebagaimana diinformasikan, arus lalu lintas di Jl Juanda, Solo, beberapa bulan terakhir harus ditutup lantaran ada proyek rehab jembatan Jonasan. Kendaraan harus mencari jalur alternatif yang mengakibatkan beberapa ruas jalan menjadi padat dan macet, termasuk jalan-jalan perkampungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya