SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, BANTUL — Pembangunan proyek Jembatan Kali Belik atau sering disebut Jembatan Jejeran, Wonokromo, Pleret, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, dimulai per Senin (8/8/2022). Lantaran ada pembangunan jembatan itu, pemerintah menutup jalan tepatnya di barat Simpang Jejeran selama lima bulan ke depan atau selama 150 hari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul, Bobot Arifiaidin, mengatakan pembangunan Jembatan Jejeran dilakukan karena secara konstruksi jembatan tersebut sudah lebih dari 30 tahun dan sudah layak untuk diganti. Selain itu, kondisi jembatan tersebut juga terlalu sempit.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

“Jembatan itu terlalu sempit sehingga membahayakan kendaraan karena posisinya pas di barat simpang empat atau pas lampu trafick light sehingga kalau pas lampu merah antrean kendaraan terjadi. Sementara dari arah timur sulit untuk melintas karena sempit,” kata Bobot, Senin.

Rencananya jembatan tersebut akan dibangun ulang atau jembatan lama akan dibongkar total dan digantikan dengan jembatan baru yang lebih lebar.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Pegowes Meninggal Terperosok ke Jurang Bantul, Begini Kronologinya

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suharyanta, mengatakan sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam proses penutupan jalan barat simpang Jejeran tersebut. Penutupan jalan akan dimulai pada 8 Agustus sampai 150 hari ke depan.

Aris menuturkan penutupan jalan itu dilakukan dari simpang Jejeran menuju arah barat. Sementara untuk arah sebaliknya atau barat ke timur dilakukan penutupan di Simpang Sudimoro di Jalan Imogiri Barat atau akses penghubung dari Jalan Imogiri Barat menuju Jalan Imogiri Timur.

Bagi masyarakat yang berkepentingan menuju ke Stadion Sultan Agung (SSA) atau warga sekitar warga yang ingin menikmati kuliner satai kambing sepanjang Jalan Sultan agung menuju jembatan, petugas mengizinkan untuk lewat yang dari arah barat menuju timur.

Baca Juga: Masih Siaga, Gunung Merapi Tercatat 129 Kali Gempa Guguran dalam Sehari

“Tapi tidak bisa melintas jembatan, silakan cari jalur alternatif,” jelas dia.

Lebih lanjut, Aris mengatakan proyek pembangunan jembatan yang berdampak pada penutupan jalan dari simpang Jejeran dan Simpang Sudimoro itu akan berlangsung selama 150 hari atau setidaknya lima bulan ke depan. Dalam proyek tersebut masyarakat diminta untuk memaklumi dan menghindari ruas jalan yang dilakukan penutupan.

“Pemberitahuan penutupan jalan kami pasang di simpang Empat Sudimoro dan perempatan dari arah timur atau simpang Jejeran,” tandas Aris.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Jembatan Dibangun Ulang, Jalan di Barat Simpang Jejeran, Bantul Ditutup Total

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya