Jembatan Dibangun, Desa Terbelah Sungai di Sukoharjo Akhirnya Terhubung

Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, yang selama ini terbelah oleh sungai menjadi dua wilayah akhirnya terhubung jembatan.
Jembatan Dibangun, Desa Terbelah Sungai di Sukoharjo Akhirnya Terhubung
SOLOPOS.COM - Petugas Dishub Sukoharjo, DPUPR Sukoharjo, dan konsultan mengecek lokasi pembangunan jembatan Tambakboyo, Tawangsari, Sukoharjo. Foto dirilis Selasa (13/10/2021). (Istimewa/Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Desa Tambakboyo, Tawangsari, Sukoharjo, yang terbelah menjadi dua wilayah akan segera terhubung jembatan dalam waktu dekat. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo saat ini sudah memulai proyek pembangunan jembatan Tambakboyo tersebut.

Plt Kepala DPUPR Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo, mengatakan pembangunan jembatan Tambakboyo awalnya merupakan salah satu dari tiga proyek jembatan yang akan dibangun pada 2021.

Namun, lantaran adanya refocusing anggaran, dari tiga proyek itu, hanya jembatan di Tambakboyo yang terealisasi. Saat ini proses pembangunan sudah dimulai dengan mendatangkan material dan alat berat.

Baca Juga: Biaya Umrah Naik sampai Rp8 Juta, Biro Travel Sukoharjo Tunggu Regulasi

“Sudah dimulai sekitar dua pekan lalu untuk pembangunan. Tapi karena refocusing, jembatan yang kami prioritaskan untuk dibangun sementara ini baru jembatan Tambakboyo,” ungkapnya kepada Solopos.com, Rabu (13/10/2021).

jembatan tambakboyo sukoharjo
Sungai yang membelah Desa Tambakboyo, Tawangsari, Sukoharjo, menjadi dua wilayah. (Istimewa/Dishub Sukoharjo)

Bowo menambahkan pembangunan Jembatan Tambakboyo di Tawangsari, Sukoharjo, secara total menelan anggaran senilai Rp10,8 miliar dari APBD Sukoharjo 2021.

Baca Juga: Warga Sukoharjo Belum Vaksin Covid-19? Bisa Mendaftar di Link Ini

Prioritas pembangunan jembatan Tambakboyo mempertimbangkan aktivitas ekonomi dan urgensi kemudahan mobilitas masyarakat setempat. Tanpa adanya jembatan tersebut, masyarakat setempat harus melalui jalur memutar dengan selisih waktu sekitar 15 menit.

“Jembatan Tambakboyo ini tujuannya memang untuk memudahkan masyarakat. Banyak warga yang bertani dan berdagang. Lahannya terpisah sungai itu dan harus memutar. Ini juga bertujuan agar aktivitas ekonomi menjadi lancar dan ekonomi menjadi tumbuh di situ,” imbuhnya.

Baca Juga: Lokasi Ninja Tabrak Mobil di Grajegan Sukoharjo Terkenal Rawan Laka

Secara teknis, Bowo mengaku belum menemui kendala selama dua pekan persiapan pembangunan jembatan tersebut. DPUPR Sukoharjo menargetkan pembangunan jembatan Tambakboyo bisa selesai pada akhir 2021 dan dapat digunakan oleh masyarakat.

“Kendala di luar teknis saat distribusi alat berat karena jalan menuju lokasi pembangunan itu sempit. Petugas harus mempreteli dan memasang lagi di lokasi. Tapi sekarang sudah bisa menyesuaikan. Kami harapkan nantinya jembatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” bebernya.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago