SOLOPOS.COM - ISTIRAHAT--Para jemaah calon haji Kloter 29 asal Kota Semarang sedang beristirahat di kamar B5, Gedung Mekah, Asrama Haji Donohudan, Senin (10/10/2011). (JIBI/SOLOPOS/Yus Mei Sawitri)

Boyolali (Solopos.com) – Jemaah calon haji asal Embarkasi Adi Soemarmo Solo mulai bergerak menuju Mekah, Senin (10/10/2011). Rombongan pertama yang mulai meninggalkan Madinah yaitu kloter satu, dua dan tiga dari Kabupaten Kebumen.

ISTIRAHAT--Para jemaah calon haji Kloter 29 asal Kota Semarang sedang beristirahat di kamar B5, Gedung Mekah, Asrama Haji Donohudan, Senin (10/10/2011). (JIBI/SOLOPOS/Yus Mei Sawitri)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para jemaah asal Embarkasi Solo ini melakukan perjalanan darat menggunakan bis. Perjalanan yang ditempuh dari
Madinah menuju Mekah tersebut memakan waktu sekitar tujuh jam. “Setelah sembilan hari di Madinah untuk melakukan ibadah sunah, ziarah dan Salat Arbain (melakukan salat 40 waktu di Masjid Nabawi-red), para jemaah asal Embarkasi Solo, mulai bergerak ke Mekah. Hari Selasa ini kloter empat sampai enam dan begitu seterusnya sampai kloter
42,” kata Wakil Ketua Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji Embarkasi Adisumarmo Solo, H Akhmad Su’aidi, ketika
ditemui wartawan di Asrama Haji Donohudan.
Ekspedisi Mudik 2024

Su’aidi menyampaikan rombongan yang bergerak menuju Mekah akan melakukan niat umroh haji di Mesjid Bir Ali.
Selanjutnya mereka akan menuju pondok yang telah disediakan di Mekah dan beribadah di Masjidil Haram. Para jemaah dijadwalkan berada di Mekah selama 25 hari untuk melakukan umroh haji dan rangkaian ibadah lainnya.

Sementara itu, suhu di Mekah dan Madinah masih bersahabat bagi orang Indonesia. Su’aidi mengatakan suhu di sana
berkisar antara 30 hingga 35 derajat celcius. Suhu di Madinah lebih dingin dibandingkan Mekah. Meskipun tidak terlalu panas, para jemaah tetap diminta waspada, terutama menghadapi ancaman dehidrasi. Para jemaah disarankan untuk
banyak-banyak minum air putih selama di sana.

“Suhu segitu memang masih bersahabat bagi orang Indonesia. Tidak terlalu panas. Bedanya di sana udaranya sangat kering. Kadang tidak terasa kalau berkeringat, tapi tahu-tahu mengalami dehidrasi. Jadi para jemaah tetap harus berhati-hati menjaa kesehatan. Disarankan banyak minum air putih, makan buah-buahan dan mengkonsumsi vitamin,”
beber Su’aidi.

yms

Jadwal pemberangkatan Selasa (11/10/2011)
Kloter 28 08.00 WIB Kota Semarang
Kloter 29 11.00 WIB Kota Semarang
Kloter 30 14.00 WIB Kota Semarang
Kloter 31 21.00 WIB Kota Semarang, Kab Banjarnegara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya