SOLOPOS.COM - Sirkuit Mandalika Lombok. (Instagram/@itdc_id)

Solopos.com, JAKARTA — Menjelang penyelenggaraan balapan World Superbike (WSBK), Sirkuit Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), resmi menyandang nama baru.

Sirkuit yang memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan itu kini bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit. Nama tersebut diresmikan dalam acara Penandatangan PKS Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit yang digelar Kamis (7/10/2021) ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansury, adanya Sirkuit Mandalika diharapkan dapat mendorong pariwasata di wilayah tersebut. Apalagi, sejumlah event akan digelar di sana.

“Dan ini yang betul-betul kita harapkan bisa mendorong perkembangan daripada pariwisata, khususnya di kawasan Lombok dan NTB,” katanya dilansir detik.com.

Baca juga: Wadidaw, Pandemi Bikin Sektor Wisata Indonesia Rugi Rp10 Triliun!

Pahala menekankan rampungnya sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit ini bukan sesuatu yang sesaat, melainkan mengacu pada budaya yang bukan project base.

“Saya betul-betul berharap (event di sini) jadi satu siklus tahunan. Kalau puncak event adalah MotoGP, tapi sepanjang tahun kita lihat harus ada event, kita harapkan diikuti event lainnya,” katanya dalam Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Peresmian Nama Sirkuit, yang dikutip liputan6.com.

Pengembangan Pariwisata Prioritas

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya merasa terhormat dengan adanya sinergi dalam pengembangan sirkuit berskala internasional ini.

“Pertamina merasa bangga dan terhormat bisa melakukan sinergi dengan ITDC pengembangan sirkuit berskala internasional di Mandalika,” jelasnya.

Baca juga: Surga Wisata di Mandalika, Deretan Pantai Keren hingga Desa Nan Eksotis

Nicke memaparkan hal ini juga merupakan dukungan BUMN terhadap pengembangan pariwisata prioritas.

“Hal ini menjadi prioritas bagi BUMN karena pariwisata menjadi salah satu industri yang akan dapat meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional pascapandemi,” katanya.

Diberitakan, Sirkuit Mandalika akhirnya mendapat konfirmasi tanggal penyelenggaraan balapan World Superbike (WSBK). Race tersebut akan dilangsungkan pada medio November 2021.

Baca juga: Jelang WSBK Mandalika, Okupansi Hotel di Lombok Naik hingga 70%

Kepastian Sirkuit Mandalika menggelar balapan WSBK muncul dalam press release yang dikeluarkan oleh Mandalika Grand Prix Association. Dalam siaran media tersebut, dicantumkan juga jadwal balapan Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika.

“FIM ( Federation Internationale de Motcyclisme) dan DWO (Dorna WorldSBK Organization ) telah pastikan Indonesia sebagai penyelenggara balap motor WorldSBK perdana di bulan November 2021,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Adapun jadwal WSBK di Sirkuit Mandalika akan dilangsungkan pada 19-21 November 2021. Jadwal ini mundur sepekan dari yang sebelumnya sempat beredar di media, yakni 12-14 November 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya