SOLOPOS.COM - Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo berdialog dengan pengurus sejumlah perguruan silat di RM Ayam Goreng Mbak Mul Karanganyar pada Senin (10/10/2022) malam. (Istimewa/Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Polres Karanganyar mengumpulkan sejumlah pengurus perguruan silat di Bumi Intanpari pada Senin (10/10/2022) malam. Mereka diajak untuk sama-sama menjaga kerukunan dan keamanan lingkungan.

Pengurus perguruan silat yang diundang adalah yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Karanganyar. Dalam kesempatan itu Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, mengatakan tujuan pertemuan itu adalah untuk menyatukan visi dan misi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami ingin mengajak teman-teman pengurus perguruan silat di Karanganyar untuk menjaga kamtibmas dengan mengedepankan kepentingan bersama,” ungkap Kapolres, Selasa (11/10/2022).

Komitmen antarpengurus perguruan silat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) diperlukan mereduksi pertikaian yang mengarah pada tindak penganiayaan. Potensi terjadinya perselisihan meningkat pada pilkades serentak dan memasuki tahun politik 2023.

Kapolres juga mempersilakan IPSI atau perguruan silat yang ingin menggelar acara maupun kejuaraan. Ia mengatakan akan mendukung penuh sepanjang mereka bisa menjamin tidak terjadi keributan.

Baca Juga: Perempuan asal Tawangmangu Dilaporkan Hilang, Ketemu di Rumdin Bupati

“Silakan, saya sangat setuju jika ada kegiatan kejuaraan atau latihan bersama dalam rangka Kapolres Cup. Tapi, saya ingin teman-teman semuanya bisa menjaga kondusivitas,” tegas Kapolres.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Karanganyar, M. Rusdiyanto, mengapresiasi langkah Kapolres mempertemukan perwakilan perguruan silat ini. Ia mengaku selama kurang lebih dua tahun IPSI Karanganyar vakum akibat adanya pandemi Covid 19. Sehingga semua kegiatan juga dibatasi.

“Kita mulai koordinasi dengan teman-teman IPSI di Karanganyar terutama koordinasi dengan masing-masing perguruan. Demi menjaga kondusivitas kamtibmas warga khususnya di Kabupaten Karanganyar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya