SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pesepakbola Timnas Indonesia Merah, Bambang Pamungkas (tengah), mencoba melewati adangan pesepakbola Timnas Indonesia Putih, Nopendi, pada laga simulasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (10/11). JIBI/SOLOPOS/Antara

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar, terus berusaha mencoba formasi terbaiknya untuk menghadapi Piala AFF 2012 di Malaysia, 24 November-1 Desember 2012. Salah satunya dengan mencoba skema baru, 3-5-2.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama ini, mantan pelatih klub Semen Padang itu indentik dengan menggunakan formasi 4-4-2 yang mengandalkan dua sayap untuk membantu serangan, maupun pertahanan.

“Kami tetap fokus menggunakan 4-4-2. Tapi untuk mengantisipasi kekurangan pemain kami mencoba formasi 3-5-2,” kata Nil usai memimpim pertandingan internal timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (10/11/2012).

Nil mengaku, pada suatu pertandingan segalanya bisa terjadi, termasuk melakukan perubahan formasi, tergantung lawan yang dihadapi.

“Kedua formasi ini telah kami terapkan pada uji coba tadi. Tapi kami tetap fokus pada 4-4-2,” kata eks pelatih Semen Padang itu.

Pertandingan uji coba internal ini melibatkan semua pemain yang menjalani pemusatan latihan. Dari 24 pemain yang ada dibagi dalam dua tim yaitu Tim Merah dan Tim Putih. Mereka termasuk tiga pemain naturalisasi diberikan kesempatan menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Selama pertandingan berlangsung, Nil Maizar terus melakukan rotasi pemain guna mencari formasi ideal sebelum turun di pertandingan sesungguhnya, termasuk uji coba melawan Timor Leste, Rabu (14/11) dan Kamerun, Jumat (16/11).

Dalam pertandingan uji coba yang disaksikan oleh ratusan suporter ini akhirnya Tim Merah yang diperkuat oleh Irfan Bachdim menang 3-2 atas Tim Putih yang diperkuat oleh Bambang Pamungkas.

Meski timnya kalah, Bambang Pamungkas atau yang akrab dipanggil Bepe tetaplah menjadi striker tertajam saat ini karena mampu menciptakan dua gol bagi timnnya. Sedangkan pemain naturalisasi Johnny van Beukering hanya mampu menciptakan satu gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya