SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Penumpang pengguna kereta api berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen dengan total 36.100 penumpang per Sabtu (24/12/2022) atau H-1 Natal 2022.

“Jumlah KA (Kereta Api) di Stasiun Gambir sebanyak 37 KA dengan volume keberangkatan 13.900 penumpang dan volume kedatangan 3.493 penumpang. Adapun jumlah KA di Stasiun Pasarsenen sebanyak 32 KA dengan volume keberangkatan 22.200 penumpang dan volume kedatangan sebanyak 1.963 penumpang,” ujar Kepala Humas PT KAI Daops 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada Antara, Jakarta, Sabtu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sepanjang 22 Desember-8 Januari 2022, total KA yang digunakan sebanyak 1.211 KA dengan rata-rata penggunaan 68 KA per hari. Sementara itu, total penggunaan KA tambahan sebanyak 339 dengan rata-rata pemakaian per hari sebanyak 19 KA.

“Mengenai penjualan tiket pada periode yang sama sebanyak 305 ribu dengan 736.406 ketersediaan tempat duduk,” kata Eva.

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut, Eva mengingatkan para penumpang yang hendak menggunakan jasa KAI diharuskan telah melakukan vaksin ketiga (booster) bagi mereka yang berusia 18 tahun ke atas. Adapun Warga Negara Asing (WNA) dengan kategori umur sama yang berasal dari luar negeri wajib melakukan vaksin kedua.

Baca Juga: Jumlah Kendaraan bakal Melonjak, Waspadai Titik-Titik Kemacetan di Sragen Ini

Sementara itu, bagi yang berumur 18 tahun ke atas dan tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Untuk mereka yang berusia 6-12 tahun wajib melakukan vaksin kedua, tidak wajib vaksin jika dari perjalanan luar negeri, dan bagi yang tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari puskesmas/fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu.

Mereka yang tidak/belum divaksin harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap selama melakukan perjalanan.

“Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan,” ungkap dia.

Baca Juga: Dulu Terkenal Angker, Polder Tawang Semarang Kini Jadi Spot Foto Favorit

Pada kategori usia 13-17 tahun, maka diwajibkan melakukan vaksin kedua, dan tidak wajib vaksin jika dari perjalanan luar negeri, serta bagi yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

“Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan,” ujar Eva.

PT Kereta Api Indonesia (persero) atau KAI menyediakan 5,6 juta tiket kereta api jarak jauh pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Selama kira-kira 18 hari, saat ini PT KAI menyediakan 5,6 juta tiket kereta api dan sampai hari ini sudah terjual 916 ribu dari total tiket yang kita siapkan,” kata Direktur Utama (Dirut) PT KAI, Didiek Hartantyo di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga: Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini, Sabtu 24 Desember

Didiek mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan jelang libur Natal dan Tahun Baru.

“Persiapan yang dilakukan meliputi ramp check [inspeksi keselamatan] dan pemeriksaan terkait standar pelayanan minimum diseluruh daerah operasi [daops] dan divisi regional [divre],” ungkapnya.

Ia menjelaskan pemeriksaan yang dilakukan dalam persiapan tersebut bersama Kementerian Perhubungan. “Pengecekan telah kita lakukan pada Oktober dan November 2022,” ucapnya.

Selain itu, pengecekan lapangan juga dilakukan bersama kereta inspeksi (KAIS) pada awal Desember, melibatkan direksi dan komisaris KAI, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan Kepolisian.

Baca Juga: Ini 5 Destinasi Alternatif Dekat dengan Kawasan Kota Lama Semarang

Didiek juga mengungkapkan pihaknya akan menyiapkan posko kereta api agar dapat mewujudkan pelayanan yang baik.

“Pengecekan ini dilakukan guna memberikan pelayanan yang baik kepada pengguna kereta api pada liburan akhir tahun ini,” ungkapnya.

Dalam hal ini, ia mengimbau kepada masyarakat untuk merencanakan perjalanan jarak jauh dari jauh-jauh hari menggunakan moda transportasi kereta api.



“Dengan persiapan yang matang, kita mengharapkan untuk moda transportasi Kereta Api selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya