SOLOPOS.COM - Pembalap Aprilia asal Spanyol, Aleix Espargaro. (motogp.com)

Solopos.com, JAKARTA—Menjelang MotoGP Australia akhir pekan ini Aleix Espargaro tak sabar ingin membuktikan potensi motor RS-GP Aprilia versi 2022 di Sirkuit Phillip Island.

Pembalap Aprilia ini yakin tunggangannya sangat kompetitif di sirkuit berkarakteristik mengalir yang tidak memiliki banyak titik pengereman seperti Phillip Island.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

“Saya ingin segera mencoba Aprilia ’22 di sini di Phillip Island karena di trek cepat tahun ini, motor ini sangat kompetitif,” kata Espargaro dalam jumpa pers pralomba di Phillip Island, Kamis (13/10/2022) seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Quartararo Tegaskan Perburuan Gelar MotoGP Mulai dari Awal Lagi

Ekspedisi Mudik 2024

“Di Assen, Argentina… banyak trek di mana tidak banyak menggunakan rem, motor ini sangat kompetitif. Jadi di trek ini, saya rasa motor ini akan bekerja dengan baik,” kata Espargaro.

Di GP Australia 2019, sebelum dua balapan di Phillip Island dibatalkan pada 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. Espargaro meraih hasil kualifikasi terbaik untuk Aprilia di P7 dan sempat bertarung dengan para pebalap terdepan sebelum finis P10 karena kehilangan grip ban belakang.

Namun, dia yakin motor Aprilia tahun ini yang dilengkapi dengan sayap depan, akan lebih baik digunakan untuk melibas trek sepanjang 4,4 km tersebut.

Baca Juga: Raja Lintasan Basah, Miguel Oliveira Juarai MotoGP Thailand 

“Apabila dibandingkan dengan 2019, saya rasa tikungan pertama akan lebih baik. Juga di tikungan terakhir akan jauh lebih baik, motor ini akan lebih mudah menikung, pastinya.”

“Ini juga bukan sirkuit yang terlalu menuntut mesin, tapi motor tahun ini jauh lebih kuat, juga di lintasan lurus, jadi ini akan sangat membantu.”

Espargaro meraih kemenangan perdana dalam kariernya dalam kelas premier saat finis pertama di Argentina awal tahun ini dan muncul sebagai salah satu pebalap paling konsisten mencetak poin.

Baca Juga: Zarco Tercepat di Sesi Latihan Bebas 2 MotoGP Thailand

Dengan tiga balapan tersisa, asa sang pebalap Spanyol berburu gelar juara dunia masih terbuka saat dia menempati peringkat tiga klasemen dengan jarak 20 poin dari puncak yang dipegang Fabio Quartararo.

“Dua puluh poin tidak begitu banyak, tapi dalam tiga balapan, ini tidak akan mudah, saya tahu pastinya, tapi saya akan berusaha yang terbaik,” kata dia.

“Bagi saya, sekarang ini bukan lagi soal tampil konstan tapi harus menyerang, mencoba membalap lebih baik dari sebelumnya di musim ini, dan saya akan mencobanya mulai akhir pekan ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya