[ X ] CLOSE

Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang Turun di Terminal Ir Soekarno Klaten Terus Berkurang

Jumlah penumpang bus malam yang turun di Terminal Bus Klaten terus menurun menjelang Lebaran.
Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang Turun di Terminal Ir Soekarno Klaten Terus Berkurang

c" class="ii gt">
Solopos.com, KLATEN -Sebanyak 513 penumpang bus malam turun di Terminal Tipe A Ir. Soekarno dalam kurun waktu Selasa (13/4/2021)-Senin (11/5/2021). Dalam kurun waktu yang sama tersebut, jumlah penumpang yang naik bus malam di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten telah mencapai 517 orang.
Kepala Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten, Marjono, mengatakan jumlah penumpang yang turun ke terminal terus menurun dari waktu ke waktu. Hal itu terlebih saat  pelarangan mudik sejak Kamis (6/5/2021). "Tanggal 7 Mei 2021, 8 Mei 2021, dan 10 Mei 2021 tak ada penumpang turun di terminal," kata Marjono, kepada Solopos.com, Rabu (12/5/2021). Marjono mengatakan jumlah penumpang bus malam yang turun di Terminal Tipe A Ir. Soekarno rata-rata empat orang dalam sehari, Selasa (11/5/2021). Setiap penumpang yang turun harus menaati protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan protokol kesehatan lainnya. Di samping itu, petugas juga mendata sekaligus memeriksa suhu tubub setiap penumpang yang turun di terminal.
"Empat orang yang turun di terminal, Selasa (11/5/2021) itu berasal dari Jakarta (satu orang), Bekasi (dua orang), Cibitung (satu orang). Di waktu yang sama, ada satu orang yang naik bus malam dari Terminal Tipe A Ir. Soekarno dengan jurusan Jakarta," katanya.

Sosialisasi Protokol Kesehatan

Terpisah, Kepala Stasiun Klaten, Sutopo, mengatakan penumpang yang turun di stasiun setempat mencapai 140 orang. Para penumpang yang turun di Stasiun Klaten itu berasal dari berbagai daerah di Tanah Air, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Banyuwangi. Sedangkan, penumpang yang naik dari Stasiun Klaten mencapai 57 orang, Selasa (11/5/2021). "Para penumpang yang turun itu untuk keperluan khusus [bukan mudik]. Kami pun secara rutin menyosialisasikan pentingnya menaati protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19," kata Sutopo.
Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan tim gabungan rutin melakukan penyekatan pemudik di daerah perbatasan Jateng-DIY, yakni di Prambanan, Kamis-Senin (6-17/5/2021) Tim gabungan melibatkan anggota Polres Klaten, Kodim Klaten, Brimob Jateng, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, dan lainnya. "Jumlah kendaraan yang diperiksa di perbatasan Prambanan hingga sekarang mencapai 2.320 kendaraan. Dari jumlah tersebut, kurang lebih 350 kendaraan sudah diputar balik. Sedangkan pengendara yang diminta menjalani swab antigen di pos Prambanan kurang lebih mencapai 200 orang," kata AKBP Edy Suranta Sitepu, Rabu.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago