Jelang Larangan Mudik, 3.000 Kaum Boro Tiba di Wonogiri Dalam Sehari
Solopos.com|soloraya

Jelang Larangan Mudik, 3.000 Kaum Boro Tiba di Wonogiri Dalam Sehari

Kedatangan pemudik di Wonogiri mulai meningkat menjelang larangan mudik Lebaran yang dimulai pada 6 Mei 2021. Dalam satu hari, lebih dari 3.000 warga perantauan tiba di Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI -- Kedatangan pemudik di Wonogiri mulai meningkat menjelang larangan mudik Lebaran yang dimulai pada 6 Mei 2021. Dalam satu hari, lebih dari 3.000 warga perantauan tiba di Wonogiri.

Peningkatan pemudik yang tiba di Wonogiri itu dapat dilihat berdasarkan jumlah kedatangan penumpang di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri. Berdasarkan data produksi terminal itu, jumlah penumpang kedatangan dari meningkat sejak Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Innalillahi, Ibu-Ibu Pensiunan PNS Meninggal Tertabrak Bus Sumber Selamat Di Sragen

Penumpang kedatangan itu berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Para pemudik menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Pada Kamis jumlah penumpang kedatangan mencapai 2.758 orang. Kemudian pada Jumat (30/4/2021), penumpang terpantau normal, hanya 1.408 orang. Sedangkan pada Sabtu (1/5/2021), penumpang kembali naik menjadi 2.154 orang. Kemudian Minggu (2/5/2021), jumlah penumpang kedatangan melonjak hingga berjumlah 3.806 orang.

Sementara itu jumlah penumpang keberangkatan sejak Selasa (27/4/2021) hingga Jumat, jumlah penumpang keberangkatan mengalami penurunan. Jumlah penumpang pada hari itu selalu dibawah 1.000 orang. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu, jumlah penumpang berkisar 1.000-1.200 orang saja.

"Banyaknya penumpang yang datang antara sore dan malam hampir sama," kata Koordinator Terminal Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, saat dihubungi Solopos.com, Senin (3/5/3021).

Agus enggan berspekulasi apakah tiga hari ke depan jumlah penumpang kedatangan di Wonogiri melonjak kembali atau tidak menjelang larangan mudik. Kerena biasanya pada akhir pekan ada sedikit kenaikan meski tidak sebanyak pada Minggu kemarin.

"Jumlah penumpang bisa saja kembali normal, namun juga bisa naik. Lihat besok datanya seperti apa. Pendataan berlangsung hingga malam," ungkap dia.

Baca Juga: Ini Potret Cantik Nani Apriliani Nurjaman, Pelaku Sate Beracun di Bantul

Agus mengatakan, pada momen mudik kali ini pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Wonogiri untuk melakukan tes cepat antigen kepada para penumpang kedatangan. Hal itu sebagai kesiapan terminal mendukung Satgas dalam upaya memutus Covid-19.

"Kami siapkan petugas untuk memerintahkan penumpang turun melakukan tes cepat antigen jika ada skrining dari tim gabungan. Kalau untuk pemeriksaan GeNose diperuntukkan untuk sepuluh penumpang secara acak dalam satu hari," kata Agus.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago