SOLOPOS.COM - Antonio Cassano

Antonio Cassano

KRAKOW--Italia berpeluang besar memperoleh poin penuh di laga terakhir Grup C Euro 2012 melawan Republik Irlandia di Stadion Miejski, Poznan, Selasa (12/6/2012) dini hari WIB. Hanya saja, tim berjuluk Gli Azzurri tak bisa menentukan nasibnya sendiri untuk bisa lolos ke perempat final.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasukan polesan Cesare Prandelli itu akan bergantung pada hasil laga lain di Grup C, antara juara bertahan Spanyol dengan Kroasia. Italia yang baru mengemas dua poin dari hasil imbang di dua laga sebelumnya, berada di posisi ketiga di bawah Spanyol dan Kroasia yang masing-masing berada urutan pertama dan kedua klasemen sementara dengan angka sama yakni empat poin.

Apabila Italia menang melawan Irlandia serta Spanyol menang melawan Kroasia, Gianluigi Buffon dkk pun bisa lolos ke perempat final. Atau Italia wajib menang dan pertandingan Spanyol lawan Kroasia berakhir imbang dengan torehan kurang dari dua gol (0-0 atau 1-1). Itu artinya, meski Gli Azzurri menang, sementara Spanyol dan Kroasia menuai hasil imbang 2-2 atau lebih, mau tak mau Italia akan terdepak dari ajang sepak bola bergengsi di Benua Biru ini.

Tak pelak, acuan matematis tersebut akan membuat laga terakhir di Grup C dipastikan memanas. Namun Prandelli tetap menegaskan timnya siap menunjukkan kinerja secara profesional tanpa berharap “bantuan” dari tim lain. “Saya tahu sekali, kami di jalur yang benar hingga akhir. Semuanya tergantung pada kami, kami butuh kemenangan yang layak, ini memang tidak akan mudah,” beber Prandelli seperti dilansir Reuters, Minggu (17/6/2012).

Italia sendiri sangat lapar kemenangan setelah pasukan dari Negeri Pizza ini menorehkan sejarah buruk dengan catatan enam pertandingan beruntun tak pernah menang di turnamen resmi. Faktor lain, yang membuat spirit Italia kian menggebu, Irlandia sudah resmi tereliminasi dari Euro 2012, setelah kekalahan 0-4 dari Spanyol di laga sebelumnya.

Di atas kertas, Italia lebih diunggulkan dibanding Irlandia. Tim juara Euro 1968 ini akan mengandalkan playmaker Andrea Pirlo yang sebelumnya mencetak gol cantik lewat tendangan bebas ketika ditahan imbang 1-1 Kroasia. Sayangnya, Mario Balotteli kemungkinan besar tidak bisa diduetkan dengan Antonio Cassano di partai hidup-mati ini karena sang striker dilanda cedera lutut.

Posisinya kemungkinan akan digantikan striker veteran Antonio Di Natale. Sementara Alessandro Diamanti akan masuk ke barisan gelandang sebagai second striker, seperti yang tampak di sela-sela latihan singkat tim, Sabtu (16/6) waktu setempat. Tapi dilain pihak, defender Andrea Barzagli sudah mulai fit dari cedera betis dan siap dimainkan setelah absen di dua laga pembuka.

“Ini bukan masalah kebugaran saja, ini lebih ke persoalan mental. Kami harus berubah. Kami sebuah tim bagus, kami percaya bisa lebih menggigit,” lanjut Prandelli.

Meski diprediksi Italia bisa mendominasi laga ini, tim juara Euro 1968 bisa jadi akan mendapat perlawanan sengit dari Irlandia. Pelatih Irlandia, Giovanni Trapattoni sudah tahu “luar-dalam” Gli Azzurri, mengingat pelatih berusia 73 tahun asal Italia ini pernah menukangi timnas di negaranya pada Piala Dunia 2002 dan Euro 2004.

“Tak adil bagi tim lain apabila saya tidak memilih tim terbaik saya. Dengan tim dan para pemain, saya merasa bangga,” urai Trapattoni ketika disinggung perasaan dilema ketika menghadapi tim asal negaranya.

Pentolan Irlandia, Robbie Keane, mengisyaratkan timnya tak akan melempar handuk di pertandingan nanti. Meski hasil di laga itu mustahil mendongkrak mereka ke perempat final, tapi hanya kemenangan yang bisa membuat mereka bisa pulang dengan kepala tegak. The Boys in Green juga ingin membayar kekecewaan para fans yang sudah terlanjur kecewa berat.

“Dalam mindset kami, kami tidak boleh pulang tanpa satu poin pun,” tegas Keane.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya