SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. JIBI/SOLOPOS/Googleimages

KUALA LUMPUR–Timnas Indonesia bakal melakoni laga krusial kontra Malaysia pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (1/12/2012). Malaysia yang butuh kemenangan dipastikan akan tampil all out untuk mempertahankan asanya mempertahankan gelar juara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penampilan Malaysia yang agresif juga akan didukung para suporter tuan rumah.  Para fans ini dipastikan akan memberikan tekanan kepada para pemain Indonesia sepanjang laga.
Menyadari tekanan suporter lawan yang mampu memecah konsentrasi skuatnya, pelatih Indonesia, Nil Maizar, mengaku tak khawatir. Eks pelatih Semen Padang ini yakin para pemainnya akan memberikan kemampuan terbaiknya demi harga diri bangsa.

“Kami mulai fokus ke pertandingan melawan Malaysia. Ini harga diri bangsa dan kami akan memberikan kemampuan terbaik. Saya yakin pemain sudah siap dan tak terpengaruh dengan tekanan suporter lawan, karena mereka sudah sering mengalami pada pertandinga-pertandingan sebelumnya,” ujar Nil dilansir situs resmi PSSI, Jumat (30/11/2012).

Suporter Malaysia memang terkenal cukup merepotkan bagi Indonesia, terlebih saat tampil di kandang. Salah satu bukti yang ditunjukkan adalah pada saat laga leg pertama final AFF 2010 lalu.

Kala itu, para suporter Harimau Malaya, julukan Malaysia, menyorotkan sinar laser ke arah para pemain Indonesia. Hal ini membuat konsentrasi para pemain Indonesia terganggu dan sempat mogok beberapa saat untuk bertanding sebelum akhirnya kalah 0-3.

Di sisi lain, menghadapi Malaysia nanti, Indonesia dipastikan tak akan diperkuat bek tengah, Wahyu Wijiastanto karena terkena akumulasi kartu kuning. Namun, absennya bek asal Karanganyar ini tak akan memberikan dampak signifikan.

Posisinya kemungkinan akan digantikan Handi Ramdan yang sudah fit dari cedera paha. Handi kemungkinan akan diduetkan dengan Fachrudin Aryanto yang tampil lugas saat timnas melawan Singapura. Kemungkinan lain, Nil akan menggeser posisi Raphael Maitimo ke tengah atau menurunkan Valentino Telaubun.

“Kondisi Handi terus membaik. Diusahakan siap bermain,” kata dokter timnas, Syarief Alwi.

Handi mengakui kondisinya kini sudah mencapai 90 persen. “dalam dua hari ini saya harap bisa benar-benar pulih.  Saat ini yang saya rasakan hanya terasa sakit bila melakukan gerakan balik badan,” ucap Handi. “Sebagai pemain sudah tidak ada rasa khawatir untuk laga melawan Malaysia yang bakal disukung suporternya.  Itu sudah biasa terjadi saat bermain di level klub atau beberapa uji coba timnas sebelumnya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya