SOLOPOS.COM - Sapi-sapi dicuci di salon sapi milik Setiadi di sekitar Pasar Hewan Jelok, Kecamatan Cepogo, Boyolali, Kamis (15/7/2021). (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — Menjelang Idul Adha tahun ini, tempat pencucian sapi atau salon sapi di Kabupaten Boyolali pun ramai dikunjungi penjual sapi yang ingin barang dagangannya tampil bersih.

Seperti halnya salon sapi milik Setiadi, di sekitar Pasar Hewan Jelok, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Tempat cucian sapinya selalu ramai pelanggan saat pasaran Pasar Sapi Jelok tiba.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tepatnya pada Kamis (15/7/2021) yang merupakan hari pasaran pasar tersebut, yakni Pahing, salon sapi milik Setiadi yang ada di belakang kios-kios pasar, terlihat ramai pengunjung.

Baca juga: Bupati Boyolali Imbau Warga Salat Iduladha di Rumah Saja

Ekspedisi Mudik 2024

Para pengunjung biasanya adalah para penjual sapi yang datang untuk mencucikan sapinya agar terlihat lebih bersih dan menarik di mata pembeli.

Meski baru berjalan sekitar enam pekan yang lalu, usaha salon sapi milik Setiadi disebut cukup ramai. Jumlah pelanggan yang datang pun kian bertambah mendekati Idul Adha ini.

Menarik Minat Pembeli

Dalam sehari setidaknya ada 35-40 sapi yang datang untuk dicuci. Pelanggan bisa mencuci sendiri sapinya atau dicucikan oleh petugas yang sudah siap melayani.

“Kalau diguyang [dimandikan] sendiri itu biayanya Rp15.000, kalau diguyangke [dimandikan petugas] itu Rp35.000,” kata Setiadi, Kamis.

Baca juga: Pengantin Boyolali yang Nikah di Bus Ternyata Sempat Nyebar Undangan, Tapi…

Pada Kamis pagi, terlihat ada sekitar 10 ekor sapi yang berjajar di tempat pencucian tersebut. Sapi-sapi itu tengah dimandikan dengan air dan sabun.

Salah satu pelanggan salon sapi, Margono, mengaku berminat menggunakan jasa salon sapi untuk mempercantik tampilan sapinya yang mau dia jual.

“Kalau sapinya bersih, kan lebih menarik. Pembeli juga senang karena sapinya bersih. Kalau ada cacat dan sebagainya, lebih jelas terlihat kalau sapi dalam keadaan bersih. Jadi pembeli lebih puas,” kata dia.

Menurut Margono hal itu juga merupakan bagian dari kualitas pelayanannya kepada para pembeli sapi. Keuntungan lain selain pembeli puas, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan harga jual sapi juga bisa sedikit lebih tinggi.

Baca juga: Masih Ada Waktu Lur… Pendaftaran CPNS dan PPPK Boyolali Dibuka Hingga 21 Juli 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya