Jelang Idul Adha, Penumpang Bus AKAP Wonogiri Cuma 5-10 Orang
Solopos.com|bisnis

Jelang Idul Adha, Penumpang Bus AKAP Wonogiri Cuma 5-10 Orang

Momentum Hari Raya Idul Adha biasanya dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk pulang ke Wonogiri dengan naik bus.

Solopos.com, WONOGIRI -- Momentum Hari Raya Idul Adha biasanya dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk pulang ke Wonogiri dengan naik bus. Namun tahun ini, hal itu diperkirakan tidak terjadi.

Penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Wonogiri justru didominasi oleh warga yang balik ke perantauan. Bahkan, jumlah penumpang pun jauh dari harapan pengusaha otobus, yakni hanya 5-10 orang per bus.

Berdasarkan data produksi Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, sejak ada penerapan new normal penumpang keberangkatan lebih banyak daripada penumpang kedatangan.

Masih ada Rp402,6 Triliun Investasi Masuk Indonesia di Tengah Pandemi, Ini Perinciannya

Penumpang keberangkatan yang dimaksud yakni penumpang yang melakukan perjalanan dari Wonogiri menuju wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Sementara penumpang kedatangan adalah penumpang yang datang ke Wonogiri.

Selama kurun waktu 7 Juni 2020 hingga 21 Juli 2020, jumlah penumpang keberangkatan rata-rata sekitar 1.000 orang. Rentang jumlah penumpang datang yang dibawa bus AKAP Wonogiri berkisar antara 600 orang hingga 1.500 orang.

Sementara itu, penumpang kedatangan rata-rata berjumlah sekitar 600 orang. Detailnya, antara 300 orang hingga 800 penumpang.

Tak Hanya Yuni Shara, Sederet Artis Ini Juga Pakai Kalung Antivirus Corona Kementan

Kondisi Sekarang Justru Sepi

Staf Operasional Perusahaan Otobus Haryanto wilayah Wonogiri, Heru Setiyono, mengatakan hingga saat ini belum ada peningkatan penumpang yang diangkut bus AKAP Wonogiri.

Menurut dia, kondisi saat ini justru sepi. Bahkan akhir-akhir ini satu bus hanya berisi penumpang sekitar lima hingga sepuluh penumpang. "Penumpang masih sepi. Kalau Idul Adha yang ramai trayek Jakarta-Madura," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (22/7/2020).

Pilkada Solo, Gibran-Teguh Masih Bingung Singkatan Nama, Ada Ide?

Hal senada disampaikan oleh Kepala Devisi Marketing PO Putera Mulya, Heri Prasetyo, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (21/7/2020).

Heri memperkirakan jumlah penumpang akan naik satu atau dua hari jelang Hari Raya Idul Adha. Dia masih yakin, meski di tengah pandemi, masih ada masyarakat yang pulang ke Wonogiri dengan naik bus pada momentum tersebut.

"Ini belum ada peningkatan penumpang. Kemungkinan satu hingga dua hari sebelum Idul Adha baru ada lonjakan. Karena hari rayanya pada Jumat, akhir pekan," kata Heri.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago