SOLOPOS.COM - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTA — Jelang HUT Kemerdekaan RI, tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 37 orang terduga teroris dalam operasi pencegahan dan penindakan terorisme yang berlangsung di 10 provinsi.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan operasi penangkapan 37 terduga teroris itu dilakukan sejak Kamis (12/4) hingga hari ini.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Penangkapan sejak hari Kamis tanggal 12 Agustus 2021 hingga Sabtu tanggal 14 Agustus 2021, total ada 37 orang,” kata Ramadhan, Sabtu (14/8/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Memperingati Hari Pramuka, Jangan Lupa Kiprah Mangkunegoro VII Sang Pendiri Kepanduan Indonesia Pertama

Ramadhan menjelaskan terduga teroris itu ditangkap wilayah berbeda-beda di 10 provinsi. Yakni enam orang di Sumatera Utara, tiga orang di Jambi, tujuh orang di Lampung. Lalu, empat orang di Banten, dua orang di Jawa Barat, 10 orang di Jawa Tengah.

Selanjutnya satu orang masing-masing di Sulawesi Tengah, Maluku dan Kalimantan Barat. Serta dua orang di Kalimantan Timur.

“Sebagian besar merupakan anggota kelompok Jamaah Islamiah (JI). Kecuali dua orang di Kalimantan Timur adalah kelompok media sosial bukan JI,” kata Ramadhan.

Baca juga: Densus 88 Tangkap 1 Orang Terduga Teroris di Masaran Sragen

Operasi pencegahan dan penindakan terorisme ini, kata Ramadhan, dilakukan oleh Tim Densus 88 Polri. Bekerja sama dengan Satgaswil Densus di masing-masing wilayah.

Seluruh terduga teroris yang telah diamankan masih dalam proses pemeriksaan oleh penyidik di masing-masing wilayah. “Status mereka masih terduga,” kata Ramadhan.

Baca juga: Densus Tangkap Seorang Terduga Teroris Asal Polokarto Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya