Jelang Hari Jadi Sragen, Bupati dan Forkompimda Ziarah Di 7 Makam

Bupati Sragen dan jajaran Forkompimda melakukan ziarah di tujuh makam sesepuh dan tokoh masyarakat Sragen. Tradisi ini rutin dilakukan jelang hari jadi Kabupaten Sragen.
SHARE
Jelang Hari Jadi Sragen, Bupati dan Forkompimda Ziarah Di 7 Makam
SOLOPOS.COM - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati (kanan) ziarah di Makam Sukowati, Tanon, Sragen, Senin (24/5/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Sragen melakukan ziarah ke tujuh tempat permakaman di Sragen, Selasa (24/5/2022). Ziarah kubur ini menjadi bagian dari rangkaia peringatan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tujuh lokasi ziarah itu di antaranya Taman Makam Pahlawan (TMP) Hastana Manggala Sragen; Makam Sukowati, Tanon; dan Makam Butuh, Plupuh. Kemudian Makam Prampalan, Masaran; Makam di Duyungan, Jetak; Makam Ki Srenggi, Sragen; dan Tempat Pemakaman Umum Syariat Islam.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Sementara itu, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Sragen diberi tugas berdoa dan sebelum rombongan Forkompimda yang dipimpin Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Pimpinan OPD itu dibagi di tujuh makam tersebut.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Bupati Yuni menjelaskan ziarah kepada leluhur atau tokoh Kabupaten Sragen merupakan tradisi yang selalu dilakukan menjelang hari jadi Sragen. “Kami mendoakan semua diterima amal ibadahnya. Di tempat itu kami berdoa untuk Kabupaten Sragen,” jelasnya.

Baca Juga: Menelisik Sejarah TPU Syariat Islam Sragen, Awalnya Tak Untuk Umum

Tidak hanya dalam rangka hari jadi Sragen, lanjut Bupati, kegiatan ziarah juga dilakukan secara pribadi pada hari tertentu bersama keluarganya.

“Saya selalu berziarah kepada sesepuh pinisepuh. Makam kakek nenek saya. Pangeran Sukowati. Pangeran Jaka Tingkir. Itu kan sejarah semua yang harus diingat,” paparnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago