SOLOPOS.COM - Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti (tengah), memimpin rapat koordinasi persiapan debat publik cawali-cawaali Solo di Kantor KPU Solo, Rabu (4/11/2020) malam. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Debat publik pasangan cawali-cawawali Pilkada Solo pada Jumat (6/11/2020) berpotensi bakal seru dengan saling serang dan adu argumentasi.

Hal itu terlihat dari persiapan dua pasangan cawali-cawawali, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Mereka bahkan saling mempelajari visi, misi, dan program kerja lawan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tujuannya agar bisa mereka tanyakan pada saat debat atau untuk menguji kompetitor. Cawali Solo dari PDIP Gibran Rakabuming Raka mengakui hal tersebut saat wawancara dengan wartawan seusai rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan debat publik di Aula Kantor KPU Solo, Rabu (4/11/2020) malam.

Gelapkan Uang Rp15 Miliar, Ini Bisnis Perempuan Asal Surabaya Dengan Perusahaan Solo

Gibran mengakui sudah mempelajari visi, misi, dan program unggulan Bajo. Bahkan suami dari Selvi Ananda itu sudah membuat daftar pertanyaan yang akan ia sampaikan kepada Bajo pada debat publik Pilkada Solo nanti.

“Iya, saya sudah bikin list pertanyaan apa yang akan saya lempar nanti,” katanya.

Menurut Gibran, segmentasi debat publik itu cukup mengakomodasi ruang untuk saling menguji visi, misi, program unggulan cawali-cawawali. Termasuk kesempatan masing-masing cawali-cawawali untuk menguji visi, misi dan progam lawan.

Satgas Covid-19 Solo Catat Tambahan 13 Kasus Konfirmasi Positif, 1 Orang Meninggal

“Iya, ada segmen untuk saling lempar tanya jawab pada segmen-segmen terakhir,” katanya ihwal proyeksi jalannya deba publik Pilkada Solo 2020.

Sementara itu, cawawali dari jalur perseorangan, FX Supardjo, menyampaikan hal senada saat wawancara seusai acara yang sama di Kantor KPU Solo Jl Kahuripan, Sumber.

Menurutnya, pada dasarnya visi, misi, dan program unggulan setiap cawali-cawawali Solo baik dan bertujuan memajukan Solo.

Sekeluarga Di Jebres Solo Tolak Uji Swab Meski Jadi Kontak Erat Pasien Meninggal Positif Covid-19

Saling Menguji

Namun karena debat publik Pilkada Solo memberikan ruang untuk saling menguji lawan, Bajo pun akan mempelajari program lawan.

“Iya, paling tidak membaca lah. Kami paling tidak harus tahu [visi, misi dan program unggulan Gibran-Teguh] untuk bahan pertanyaan,” katanya.

Rudy Bakal Pimpin Rombongan Gibran-Teguh Saat Debat Publik Perdana Pilkada Solo?

Kendati demikian, Supardjo mengaku belum membaca atau mempelajari visi, misi dan program lawan hingga Rabu malam.

Saat Komisioner KPU Solo bertanya dalam rapat apakah kubu Bajo sudah memiliki draf visi, misi dan program unggulan Gibran-Teguh, mereka menjawab belum.

RSUD Ngipang Solo Buka 94 Lowongan TKPK, Berminat?

Mereka masih mempunyai waktu hingga Jumat sore untuk mempelajari visi, misi, dan progam lawan. Debat publik pertama cawali-cawawali Pilkada Solo rencananya berlangsung pada Jumat pukul 19.00 WIB di Hotel Sunan Solo.

Acara debat dengan durasi 120 menit dengan proporsi waktu 90 menit untuk materi debat dan 30 menit untuk iklan layanan masyarakat. Masyarakat bisa menyaksikan langsung acara debat ini Metro TV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya