SOLOPOS.COM - Reaksi pengawal tamu VVIP ketika mendapat gangguan keamanan dalam kegiatan simulasi pengamanan kontingensi IATC dan WSBK 2021 di Eks Bandara Selaparang, Mataram, Rabu (10/11/2021). (Antara)

Solopos.com, MATARAM — Simulasi pengamanan kontingensi perhelatan balap motor Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) 2021 di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram digelar Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB).

“Jadi giat [simulasi pengamanan kontingensi] hari ini merupakan gambaran tentang pekerjaan dari teori dan konsep. Yang sudah kami laksanakan dalam kegiatan-kegiatan sebelumnya,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal usai menggelar simulasi pengamanan kontingensi perhelatan IATC dan WSBK 2021 di Mataram, Rabu (10/11/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam rangka kegiatan pengamanan kontingensi IATC dan WSBK di Sirkuit Mandalika, Polda NTB menggandeng seluruh pemangku kepentingan di daerah. Baik TNI maupun pemerintah.

“Bersama seluruh pihak yang terlibat, kami dalam dua bulan terakhir menggelar sejumlah kegiatan. Yang diaplikasikan dalam ‘tactical floor game’ [gladi peta],” ujarnya.

Baca juga: Pekan Ini, 6 Pembalap Muda Indonesia Unjuk Gigi di Sirkuit Mandalika

Polda NTB bersama seluruh pihak yang terlibat IATC dan WSBK 2021, yakni PT ITDC dan MGPA, telah melaksanakan pengecekan akhir persiapan acara. “Jadi secara teori kami sudah yakin dan insha Allah kami akan percaya diri melaksanakan pengamanan secara maksimal,” ucap dia dikutip dari Antaranews.com.

Dalam simulasi pengamanan kontingensi, seluruh pemangku kepentingan dari perhelatan balap di Sirkuit Mandalika memperagakan perannya ke hadapan para tamu undangan.

Giat dalam simulasi pengamanan antara lain, pengaturan arus lalu lintas para pengunjung, pengawalan tamu VVIP. Kemudian pengamanan unjuk rasa, penanggulangan aksi teror serta bencana.

Baca juga: Ciamik! Area Run Off Sirkuit Mandalika Dicat Motif Batik

Dalam simulasi pengamanan Sirkuit Mandalika, turut dihadirkan sarana pendukung pengamanan kontingensi. Baik dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, Dinas Pemadam Kebakaran, dan Basarnas.

Dari kegiatan yang digagas oleh Polda NTB itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah turut hadir mendampingi Menteri Perhubungan. Demikian juga dengan Danrem 162/WB Brigjen Pol Ahmad Rizal Ramdhani.

Sirkuit Mandalika pada 12-14 November mendatang akan menjadi lokasi perdana untuk ajang balap motor IATC 2021. Sepekan kemudian, WSBK 2021 yang sekaligus menjadi seri penutup dari gelaran balap motor kelas dunia tersebut. Dalam gelaran WSBK 2021, Sirkuit Mandalika menjadi satu-satunya seri Asia dalam rangkaian kegiatan pada musim ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya