Jelang Alih Status Jadi UIN, IAIN Salatiga Buka Program Doktoral

Rektor IAIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menyebut kelak UIN Salatiga akan buka program vokasi sesuai kebutuhan masyarakat.
Jelang Alih Status Jadi UIN, IAIN Salatiga Buka Program Doktoral

Solopos.com, SALATIGA — Menjelang alih status menjadi Universitas Islam Negeri atau UIN, Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Salatiga membuka program strata tiga/doktoral.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. pada sidang senat terbuka dalam rangka Wisuda ke-XIV IAIN Salatiga, Kamis (29/7/2021) di gedung Auditorium and Student Center Kampus III.

“Tahun ini, BAN-PT dan Dirjen Pendis telah memberi izin IAIN Salatiga untuk membuka program strata tiga/doktoral. Jadi di masa yang akan datang, kita bisa mewisuda tiga jenjang/strata pendidikan, dari sarjana sampai doktoral semua ada,” ujarnya di depan wisudawan yang mengikuti prosesi secara daring.

“Mulai 3 Agustus mendatang, proses transformasi IAIN menuju UIN sudah maju ke Kemenpan-RB. Memang masih ada proses lain yang menunggu, tapi progres ini tentu menjadi harapan baru,” lanjut Prof. Zakiyuddin.

Baca Juga: Positif Corona, 2 Pasangan Calon Pengantin Di Wonogiri Tunda Akad Nikah

Dirinya menyampaikan kelak UIN Salatiga juga akan membuka program vokasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat. “Di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang, banyak pekerjaan yang hilang terganti dengan kemajuan teknologi. Tapi perlu diingat bahwa ada lebih banyak peluang pekerjaan yang terbuka dari kemajuan tersebut. Peluang itulah yang akan kita isi dengan cara membuka program vokasi sesuai kebutuhan pasar.”

Lebih lanjut, Rektor IAIN Salatiga berpesan kepada para wisudawan untuk menjadi insan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

“Wisudawan IAIN Salatiga harus bisa bermanfaat untuk masyarakat. Jadikan potensi diri sebagai sarana untuk memajukan masyarakat. Saya selalu berharap para wisudawan bisa menjadi contoh yang baik bagi sekitarnya.”

Baca Juga: Akses ke Bandara YIA Semakin Mudah dengan Kehadiran Tol

“Semoga wisuda semester depan kita sudah bisa melakukan prosesi secara luring. Agar hal tersebut tercapai, tentu harus ada kerjasama semua pihak agar kita bisa segera keluar dari pandemi. Peran sivitas akademika IAIN Salatiga, termasuk para wisudawan dan alumni dalam hal itu juga sangat diperlukan. Sebagai akademisi, kita harus jadi tulang punggung dan pelopor untuk bisa membudayakan protokol kesehatan di lingkungan sekitar,” pungkasnya memberi amanat.

Pada kesempatan tersebut, ada sebanyak 639 wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda. “Dari jumlah total wisudawan, 53 di antaranya adalah mahasiswa program pascasarjana magister dari program Pendidikan Agama Islam [29 orang], Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah [17 orang], dan Ekonomi Syariah [tujuh orang],” jelas Ketua Panitia Wisuda ke-XIV IAIN Salatiga, Prof. Dr. Saerozi, M.Ag.

Sedangkan wisudawan dari program sarjana/strata satu berjumlah 586 orang dengan rincian 338 wisudawan dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 42 wisudawan dari Fakultas Dakwah, 46 orang dari Fakultas Syariah, 59 orang dari Fakultas Ushuluddin dan Adab Humaniora, dan 101 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Baca Juga: Suarakan Protes PPKM, Kelompok Pemuda Pati Gelar Pasar Gratis

IAIN Salatiga juga memberikan apresiasi kepada para wisudawan yang berprestasi akademik maupun non-akademik. “Prestasi tidak diraih secara tiba-tiba, ada jalan panjang yang harus dilalui sebelumnya. Raihan prestasi tersebut adalah nilai positif yang sangat membanggakan. Maka dari itu kami beri apresiasi setinggi-tingginya kepada para wisudawan. Semoga potensi yang dimiliki bisa dikembangkan lebih lanjut,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sidqon Maesur, Lc., M.A.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago