SOLOPOS.COM - Pengunjung melintas di depan papan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (24/6/2020). (Solopos/JIBI/Abdurachman)

Solopos.com, JAKARTA — Transaksi jual-beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) kian ramai jelang akhir tahun. Kapitalisasi pasar di BEI pun menembus Rp8.000 triliun, Rabu (13/10/2021) pagi ini.

Berdasarkan data Bloomberg pada Rabu, IHSG naik 0,57 persen menjadi 6.522 pada pukul 09.13 WIB. Sejak awal tahun, indeks terangkat 9,24 persen dan sejak setahun terakhir sudah melambung hingga 29,64 persen.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Seperti dilansir Bisnis, kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia saat ini tercatat senilai Rp8.036,14 triliun. Pada Rabu pagi ini volume transaksi terpantau sebanyak 3.335 milair saham dengan frekuensi 257.600 kali. Nilai turnover tercatat senilai Rp2,51 triliun.

Baca Juga: Lakukan Stock Split, Harga Saham BCA Jadi Rp7.000-an!

Belum lama ini, Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan menyebutkan pada kuartal IV/2021 IHSG akan cenderung bergerak bullish. Salah satu sentimen pendukungnya ialah proses pemulihan ekonomi di Indonesia yang terus berjalan hingga kini.

“Sentimen ini juga didukung oleh tren serupa pada pasar global yang ditambah dengan konsistensi catatan net buy investor asing di Indonesia yang terjadi pada akhir tahun,” jelasnya saat dihubungi.

Alfred juga memperkirakan window dressing akan kembali terjadi di tahun ini. Hal tersebut seiring dengan masih banyaknya saham-saham blue chip yang harga sahamnya dibawah performa pasar.

Window dressing tersebut utamanya akan terjadi pada bulan Desember. Menurut Alfred, sentimen window dressing memang kerap terjadi pada bulan tersebut yang berimbas pada kenaikan IHSG. “Dalam 20 tahun terakhir di Desember, IHSG mengalami return positif seiring dengan munculnya window dressing,” jelasnya.

Baca Juga: Kompak Turun! Simak Harga Emas Pegadaian Rabu, 13 Oktober 2021

Sebelumnya, IHSG melanjutkan penguatan pada awal perdagangan Rabu ini. Berdasarkan data Bloomberg pada Rabu, IHSG naik 0,57 persen menjadi 6.522 pada pukul 09.13 WIB.

Sepanjang pagi ini, indeks bergerak di rentang 6.600,52-6.501,6. Sebanyak 174 saham menguat, 208 saham melemah, dan 206 saham diperdagangkan stagnan. Kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia tercatat Rp8.026,40 triliun.

Analis Teknikal Mirae Asset Sekuritas Tasrul memperkirakan IHSG akan bergerak pada rentang 6,462 – 6,545 pada hari ini. Dia menunjukkan indikator MFI optimized naik terbatas dan indikator RSI optimized masih naik terbatas.

“Pada periode weekly terlihat indikator MFI optimized dan indikator RSI optimized IHSG masih cenderung naik,” tulis Tasrul dalam riset harian, Rabu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya