SOLOPOS.COM - Komunitas Senyum Anak Nusantara menggelar Ekspedisi Jelajah Anak Negeri. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Komunitas Senyum Anak Nusantara menggelar ekspedisi kemanusiaan bertajuk Ekspedisi Jelajah Anak Negeri. Kegiatan ini diikuti 19 mahasiswa di seluruh Indonesia bertempat di Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, akhir September 2021.

Dalam rilisnya, Senin (11/10/2021), Komunitas Senyum Anak Nusantara mengatakan kegiatan ini didasarkan oleh visi dan misi komunitas yang mengimplementasikan SDGs dalam setiap programnya. Fokus utama kegiatan ini adalah untuk mengajar anak-anak yang dalam masa pandemi harus melakukan kegiatan belajar secara daring.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Dalam pelaksanaannya kegiatan pembelajaran daring tersebut membuat semangat anak-anak menurun drastis. Melalui program mengajar ini, anak-anak lebih semangat dengan sistem mengajar mengasyikkan. Para sukrelawan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tema masing-masing, kemudian mengajar anak-anak sesuai dengan tema yang didapat.

Baca Juga : Bela Istri yang Diperkosa, Suami Dipenjara Delapan Tahun

Anak-anak sangat antusias, dapat dilihat dari ekspresi serta keaktifan mereka dalam mengikuti sekolah dari para sukarelawan. Tema yang dibawakan antara lain; kesehatan dan pola hidup sehat, wawasan kebangsaan, bahasa asing, keterampilan, dan pengenalan budaya.

Sukarelawan juga membangun pojok baca yang merupakan hasil donasi dari teman-teman sekitar serta teman-teman media sosial yang menyumbangkan bukunya. Para relawan juga mempelajari dan mengikuti budaya sekitar dan belajar berladang karena mata pencaharian utama warga di Desa Sigedang adalah berladang.

Dalam kegiatan ini, sukarelawan juga melakukan penanaman dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan di Desa Sigedang. Hari terakhir digunakan untuk menjelajahi potensi wisata desa dan mempromosikan potensi tersebut.

Baca Juga : Lolos Tes PPPK di Usia 53 Tahun, Guru di Klaten Jalan Kaki Trucuk-UNY

Meski banyak kegiatan volunteering yang tertunda akibat pandemi, namun kegiatan ini menjadi bukti pandemi tidak menghalangi hati yang tulus ingin berbagi. Sederhana tapi bermakna, tidak sulit untuk membuat orang sekitar bahagia karena itu sesuai dengan tagline Komunitas Senyum Anak Nusantara yaitu, Senyummu, Senyum Kita Semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya