SOLOPOS.COM - Seorang anggota Brimob Polri bersenjata lengkap menjaga truk boks yang mengangkut puluhan ribu dosis vaksin COVID-19 di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Senin (1/4/2021) dini hari. (Antara)

Solopos.com, SEMARANG -- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Senin (4/1/2021) dini hari, menerima sebanyak 62.560 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Vaksin yang dari Biorfarma, tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan Jateng di Ngaliyan, Kota Semarang sekitar pukul 03.00 WIB tadi.

Pengiriman ribuan dosis vaksin itu dilakukan menggunakan mobil boks berpendingin milik Kemenkes dan dikawal Brimob Polri bersenjata lengkap. Mereka mengendarai dua mobil lapis baja Barracuda. Vaksin yang dikemas dalam 32 karton itu langsung dipindahkan ke ruang pendingin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vaksinasi Covid-19 Tahap I Digelar Pertengahan Bulan Ini, Silakan Cek Di Sini Apakah Anda Terdaftar

Kapolsek Ngaliyan, Kompol R. Justinus, mengatakan Polrestabes Semarang dan jajaran di bawahnya ditugaskan menjaga vaksin Covid-19. Vaksin ini dianggap objek yang sangat berharga karena berkaitan dengan keselamatan ribuan nyawa manusia.

"Adapun pendistribusian vaksin akan diatur dan ditata oleh jajaran Dinas Kesehatan," katanya.

Sebelumnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 secara bertahap ke 34 provinsi pada Minggu (3/1/2021).

Covid-19 Solo Tembus 5.060 Kasus, Vaksin Jadi Harapan Terakhir

Pada Senin (1/4/2021), Biofarma selaku distributor mengirimkan vaksin ke Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, dan Papua.

Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan pengiriman dosis terbanyak dengan masing-masing 77.760 dan 62.560. Disusul Lampung dengan 40.520, serta Sumatra Barat dengan 36.920.

Untuk Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten, vaksin COVID-19 ini diharapkan tiba pada hari ini, sedangkan untuk daerah lain ditargetkan tiba pada Selasa (5/1/2021). Kecuali Provinsi Sulawesi Barat yang dijadwalkan tiba paling lambat Kamis (7/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya