SOLOPOS.COM - Delegasi negara anggota Forum Grup Of Twenty (G20) berfoto bersama seusai mengikuti rapat pertemuan Trade, Industry, and Investment Working Group (TIIWG) G20 di Alila Hotel Solo, Rabu (30/3/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SEMARANG — Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Hubungan Antarlembaga, Muhsin Syihab, menyatakan akan ada empat acara sampingan G20 Indonesia yang diselenggarakan di Jawa Tengah.

Keempat acara tersebut adalah Forum Dialog Labour 20 pada 15-17 Mei 2022, Seminar Ekonomi Syariah pada 24 Agustus 2022, Konferensi Green Investment pada 25-26 Agustus 2022, serta Seminar Potensi Ekonomi Jawa Tengah pada 1 November 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada empat pertemuan yang merupakan program Road to Presidensi G20 Indonesia yang digelar di Jawa Tengah,” kata Muhsin Syihab dalam acara Sosialisasi Presidensi G20 Indonesia Sektor Prioritas Transisi Energi di Semarang, Jumat (22/4/2022).

Secara keseluruhan, dia menyebutkan sebanyak 438 kegiatan dalam Presidensi G20 Indonesia itu terdiri atas 184 pertemuan dan 254 program kegiatan sampingan.

Baca Juga: Penunjukan Artis Maudy Ayunda sebagai Jubir G20 hanya Gimmick?

“Betapa sibuknya Indonesia dengan sekian banyak kegiatan yang dilaksanakan,” tambahnya.

Hingga saat ini, sekitar 120 rangkaian kegiatan menuju Presidensi G20 Indonesia telah berlangsung. Oleh karena itu, melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan terdapat pemahaman yang sama tentang signifikansi Presidensi G2 Indonesia.

Selain itu, tambahnya, masyarakat juga dapat memahami posisi Indonesia sebagai tuan rumah yang memiliki keistimewaan dalam menyusun agenda G20.

Baca Juga: Jadi Jubir G20 Dikritik, Maudy Masuk Daftar Inspiring Women 2022 Forbes

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu Teuku Faizasyah, saat membuka acara sosialisasi itu, mengatakan partisipasi masyarakat Indonesia saat menjadi tuan rumah G20 akan memberikan nilai tambah bagi negara.

“Kegiatan ini dilakukan ke berbagai daerah sehingga diharapkan masyarakat dapat turut memiliki dalam penyelenggaraan Presidensi G20 ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya