SOLOPOS.COM - Kelelawar merupakan salah satu hewan yang bisa dimasak dan menjadi salah satu makanan ekstrem. (istimewa/mongabay.co.id)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Seorang pria meninggal dunia saat mencari kelelawar di Tebing Watu Tumpeng di kawasan Pantai Ngunggah, Giriwungu, Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Rabu (30/3/2022). Pria pencari kelelawar ini jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter di tebing tersebut.

Pencari kelelawar yang meninggal dunia itu bernama Tukimin, warga Kalurahan Giripurwo, Purwosari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Surisdiyanto, mengatakan kejadian ini bermula saat Tukimin bersama seorang temannya pergi mencari kelelawar di tebing-tebing yang ada di kawasan laut selatan, tepatnya di Pantai Ngunggah. Pada saat menangkap kelelawar, korban diduga tidak kuat bergelantunagn di bebatuan hingga akhirnya terjatuh dari ketinggian sekitar 50 meter.

Baca Juga: Main di Pantai Siung Gunungkidul, Koki dari Kota Solo Terseret Ombak

“Memang aktivitasnya mencari kelelawar dan medannya ekstrem karena berada di tebing-tebing,” jelas Suris.

Setelah pria itu terjatuh dari tebing, temannya langsung melaporkan kejadian itu ke anggita SAR Stalinmas Wilayah II DIY. Petugas pun langsung mendatangi lokasi kejadian. Proses evakuasi korban menggunakan perahu karena lokasinya berada di laut.

“Tim penyelamat berhasil ke lokasi, tapi menemukan korban dalam keadaan tak bernyawa dikarenakan luka yang serius,” kata dia.

Baca Juga: Hari Kedua, Koki Asal Solo Terseret Ombak Pantai Siung Belum Ketemu

Suris menyampaikan proses evakuasi membutuhkan waktu sekitar satu jam. Setelah jasad berhasil diambil langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk dikembumikan.

“Sebelumnya kami juga telah memandikan jasad korban di Posko SAR,” kata dia.

Berkaca pada kejadian ini, dia berharap peristiwa jatuhnya penangkap kelelawar ini menjadi pelajaran sehingga pada saat beraktivitas bisa lebih berhati-hati.

“Jangan sampai peristiwa yang sama terulang. Jadi, saat beraktivitas harus benar-benar memperhatikan keselamatan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya