SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video pengepungan warga Desa Wadas di Purworejo oleh polisi. (Youtube Harian Jogja)

Solopos.com, SOLO – Keteguhan warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah menolak rencana penambangan batu andesit di kawasan desa itu berujung konflik dengan aparat kepolisian pada Selasa (8/2/2022).

Sejumlah warga ditangkap polisi dengan alasan mereka membawa senjata tajam. Kedatangan rombongan polisi ke Desa Wadas untuk mengamankan tim Badan Pertanahan Nasional yang hendak mengukur lahan hutan bakal lokasi penambangan batu andesit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Warga Desa Wadas menolak rencana penambangan batu andesit sejak 2018. Mereka meyakini penambangan batu andesit untuk material pembangunan Bendungan Bener itu akan berefek merusak lingkungan yang berarti juga berefek merusak kehidupan dan sumber penghidupan mereka. Selengkapnya bisa dibaca di Warga Desa Wadas Jatuh Bangun Menolak Pertambangan Batu Andesit.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, mengategorikan trading binary option pada platform Binomo sebagai perjudian. Badan Reserse Kriminal Polri mulai menyelidiki kasus dugaan penipuan investasi berkedok aplikasi trading binary option Binomo.

Direktur Ekonomi Khusus Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri Brigadir Jenderal Polisi Wisnhu Hermawan, di Jakarta, Senin (7/2/2022), mengatakan Binomo diselidiki mulai pekan ini.

Penyidik meminta keterangan sejumlah pihak yang mempromosikan, termasuk pada influencer atau affiliatornya. Whisnu belum menjabarkan terperinci perkara penipuan investasi tersebut, serta pihak-pihak yang akandiperiksa. Penyidik enyidik masih mendalami perkara tersebut guna mengetahui aspek pidananya. Duduk perkara bisa dibaca di Dikategorikan Judi oleh MUI, Ini Cara Kerja Binary Option dalam Binomo.

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menyatakan perekonomian nasional masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Ini tercermin dari kontribusi pulau tersebut terhadap produk domestik bruto atau PDB nasional yang lebih dari setengah.

”Struktur perekonomian Indonesia secara spasial masih didominasi pertumbuhan provinsi di Pulau Jawa dengan kontribusi terhadap PDB mencapai 57,89,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso pada Selasa (8/2/2022).

Ketimpangan struktur perekonomian pulau-pulau di Indonesia masih cukup tinggi. Pulau Sumatra tercatat berkontribusi 21,7% terhadap PDB, Pulau Kalimantan 8,25%, Pulau Sulawesi 6,89%, Pulau Bali dan Nusa Tenggara 2,78%, serta Pulau Maluku dan Papua 2,49%. Data lengkap bisa dibaca di Pertumbuhan Ekonomi Masih Terpusat di Jawa, Butuh Pemerataan Selekasnya.

 Sejak Covid-19 mulai menyebar ke seluruh dunia pada tahun 2020, ekonomi global menghadapi ujian berat dengan gangguan rantai pasokan, volatilitas harga komoditas, tantangan di pasar kerja, dan penurunan pendapatan dari sektor pariwisata.

Artikel berjudul Visualizing the State of Global Debt, by Country yang ditulis Raul Amoros dan diunggah di laman visualcapitalist.com pada 1 Februari 2022 menjelaskan Bank Dunia memperkirakan hampir 97 juta orang telah terjerumus ke dalam kemiskinan ekstrem akibat pandemi Covid-19.

Untuk mengatasi situasi sulit ini, pemerintah negara-negara di dunia harus meningkatkan pengeluaran mereka untuk mencukupi biaya perawatan kesehatan yang lebih tinggi, mengatasi pengangguran, kerawanan pangan, dan untuk membantu dunia bisnis agar bertahan hidup. Uraian lengkap tersedia di Analisis Utang Global Berdasarkan Negara Menunjukkan Indonesia Aman.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya menerima kiriman seekor kucing hutan jawa yang dikenal dengan nama latin Prionailurus bengalensis. Hewan yang masuk kategori hampir punah itu diserahkan Eko Kurnia, warga Setiaratu Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Senin (7/2/2022).

Secara sukarela, Eko menyerahkan satwa dilindungi yang sudah beberapa bulan menjadi peliharaan kesayangan anaknya. Kesadaran Eko menyerahkan kucing hutan itu berawal saat dirinya berdiskusi dengan salah seorang pegiat alam terbuka yang juga salah satu kader konservasi Kota Tasikmalaya.

Eko diingatkan bahwa yang dia lakukan bertolak belakang dengan upaya konservasi hewan liar. Akhirnya Eko menyerahkan dengan suka rela satwa yang diberi nama Oreo itu kepada BKSDA. Kisah lengkap bisa dibaca di Kucing Hutan Jawa, Satwa Langka yang Diperjualbelikan Secara Ilegal.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya