SOLOPOS.COM - JATHILAN—Potensi seni Jathilan di Jogja dinilai cukup besar. Meski belum memiliki kekhasan, seni tradisi Jathilan di Jogja diharapkan tidak meninggalkan tradisi kelokalan. (HARIAN JOGJA/Pamuji Tri Nastiti)

JATHILAN—Potensi seni Jathilan di Jogja dinilai cukup besar. Meski belum memiliki kekhasan, seni tradisi Jathilan di Jogja diharapkan tidak meninggalkan tradisi kelokalan. (HARIAN JOGJA/Pamuji Tri Nastiti)

JOGJA—Potensi seni Jathilan di Jogja dinilai cukup besar. Meski belum memiliki kekhasan, seni tradisi Jathilan di Jogja diharapkan tidak meninggalkan tradisi kelokalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seniman pemerhati kesenian Jathilan, Gandung Jatmiko menyampaikan, Jathilan bisa dipentaskan menyesuaikan zaman. Kendati demikian, ia menilai seni budaya tradisi tersebut perlu berpatok pada tradisi baik lokal maupun nasional.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kelokalan di Jogja misalnya lewat lakon Diponegaran atau Nyi Ageng Serang. Untuk tradisi nasional bisa menggunakan instrumen tradisi berbagai daerah misalnya musik Bali,” kata Gandung disela Focus Group Discussion (FGD) Pengemasan Pertunjukan Kesenian Tradisional Jathilan, di halaman Balaikota, Sabtu (25/2).

Dosen Fakultas Seni Pertunjukan ISI Jogja itu menambahkan, seni Jathilan masa kini memungkinkan dikemas secara moderen. Tetapi, bukan berarti memasukkan unsur lain diluar nilai tradisi yang telah ada. Ia mengatakan, mestinya inovasi tidak melulu lewat menambah elemen musik alat musik moderen seperti keyboard, bass, atau drum.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Jogja, Yulia Rustianingsih menegaskan, Jogja memiliki potensi besar dalam seni tradisi Jathilan. Meski belum ada kekhasan, Jogja memiliki kurang lebih 30 kelompok seni Jathilan yang hingga kini butuh pemahaman manajemen dalam berkesenian.

Menurut Yulia, seniman Jathilan di Jogja membutuhkan pembekalan dan tukar pengalaman pengelolaan kelompok seni kewilayahan. “Lewat FGD, perwakilan kelompok Jathilan Jogja bisa menimba pengalaman baik secara manajemen maupun pementasan,” katanya. (HARIAN JOGJA/Pamuji Tri Nastiti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya