SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang–Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menawarkan tiga lokasi alternatif  penambangan batu kapur bagi PT Semen Gresik untuk mendirikan pabrik di provinsi ini.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Jawa Tengah Teguh Dwi Paryono, di Semarang, Minggu (17/1), mengatakan, ketiga lokasi tersebut masing-masing kawasan batu kapur di sepanjang Blora hingga Rembang, di Boyolali, serta Grobogan.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Sebelumnya, PT Semen Gresik berencana membangun pabrik di wilayah Sukolilo, Pati, namun batal.

Penawaran kawasan batuan kapur di sepanjang Blora hingga Rembang, kata dia, telah secara resmi disampaikan, namun hingga saat ini belum ada respons.

“Untuk kawasan Boyolali, kandungan batu kapur dan tanah liatnya cukup tinggi,” katanya.

Adapun kawasan batu kapur di Grobogan, lanjut dia, saat ini masih berada di bawah pengelolaan PT Semen Grobogan.

Menurut dia, jika PT Semen Gresik ingin membangun pabrik di wilayah Grobogan, maka harus dilakukan pembicaraan antar perusahaan mengenai masalah pengelolaan batuan kapur yang akan dijadikan sebagai bahan baku.

Ia menuturkan, kemenangan PT Semen Gresik di Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya yang mengesahkan surat izin ekplorasi pabrik di Sukolilo, Pati, semakin memperkuat keinginan perusahaan ini untuk kembali berinvestasi di Jawa Tengah.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya