SOLOPOS.COM - Peta zona merah Covid-1 Jateng. (corona.jatengprov.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Jumlah kabupaten dan kota yang menjadi zona merah penyebaran Covid-19 terus bertambah. Data terbaru yang dikeluarkan Satgas Covid-19, Jawa Tengah (Jateng) menjadi provinsi di Jawa dengan zona merah terbanyak.

Dari 49 kabupaten/kota di Pulau Jawa yang masuk zona merah, 22 di antaranya adalah di Jateng.  Data peta risiko yang diungkapkan Satgas Covid-19 ini merupakan data terbaru yang diperbarui mulai 27 Juni 2021. Data ini merupakan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah akan diperbarui secara mingguan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebanyak 22 kabupaten/kota di Jateng yang masuk zona merah ini yakni:

Wonogiri
Kudus
Kota Semarang
Kota Pekalongan
Blora
Pati
Kendal
Brebes
Kebumen
Sukoharjo
Grobogan
Temanggung
Tegal
Kota Magelang
Purworejo
Wonosobo
Sragen
Demak
Semarang
Klaten
Jepara
Kota Salatiga

Indikator

Peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan scoring dan pembobotan. Indikator-indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, indikator surveilans kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan.

Setiap indikator diberi skor dan pembobotan, lalu dijumlahkan. Hasil perhitungan dikategorisasi menjadi 4 zona risiko, yaitu:
– Zona Risiko Tinggi: 0-1,80
– Zona Risiko Sedang: 1,81-2,40
– Zona Risiko Rendah: 2,41-3,0
– Zona Tidak Terdampak: Tidak tercatat kasus COVID-19 positif
– Zona Tidak Ada Kasus: Pernah terdapat kasus di wilayah tersebut namun tidak ada penambahan kasus baru dalam 4 minggu terakhir & angka kesembuhan ?95%

Di Jawa Timur, hanya ada tiga daerah yang masuk zona merah. Yakni Bondowoso, Kota Madiun, dan Banyuwangi.

Kemudian di Jawa Barat, ada 11 daerah jadi zona merah. Di antaranya meliputi Kabupaten Bandung, Kota Depok, Cirebon, Kota bandung, dan Garut. Kemudian Bandung Barat, Kuningan, Majalengka, Indramayu, Karawang, dan Kota Cimahi.

Sementara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), semua daerahnya (Sleman, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul, Kota Jogja) jadi zona merah. Begitu pula dengan DKI Jakarta.

Sementara Banten ada empat dari delapan kabupaten/kota yang masuk zona merah, meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Lebak, dan Kabupaten Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya