SOLOPOS.COM - Kepala BKD Jateng, Wisnu Zaroh. (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan segera membuka penerimaan calon aparatur sipil negara formasi 2021. Total ada sekitar 11.648 lowongan calon ASN yang dibuka Pemprov Jateng pada tahun 2021 ini.

Dari 11.648 lowongan itu posisi paling banyak diperuntukkan bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K. Total ada sekitar 11.347 lowongan untuk P3K, sedangkan sisanya 301 lowongan diperuntukkan bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Wisnu Zaroh, mengatakan dari total lowongan calon ASN 2021 paling banyak diperuntukkan bagi P3K tenaga guru yang mencapai 10.819 orang.

Baca Juga: Kelamaan Mandi Bisa Berbahaya!

Ekspedisi Mudik 2024

Sisanya diperuntukan bagi P3K posisi tenaga kesehatan 525 orang dan P3K tenaga teknis tiga orang. “Tahun ini perbandingan cukup jauh sekali, untuk tenaga P3K itu hampir 96%. Sedangkan untuk CPNS hanya 291 [lowongan] tenaga teknsi. Sementara untuk tenaga kesehatan [CPNS] hanya 10 orang,” ujar Wisnu kepada awak media di Semarang, Rabu (26/2/2021).

Ia mengatakan, perekrutan P3K yang lebih banyak itu sesuai dengan kebijakan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Di masa depan, harapannya rasio perbandingannya adalah 70% untuk P3K dan 30% untuk PNS.

Wajib Lulus Ujian

Wisnu mengatakan dalam sistem penerimaan calon ASN 2021 dilakukan dengan ujian. Hal itu berlaku baik untuk lowongan CPNS ataupun P3K. Namun, lowongan PPPK tidak ada pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD.

Ia menjelaskan, skema perekrutan PPPK langsung menggunakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Semua tahapan, mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan ujian dan pemberkasan dilakukan online. Dijelaskan Wisnu, mereka yang ikut dalam seleksi P3K adalah mereka para profesional yang telah mempunyai kemampuan kerja sebelumnya.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Pendengar Terbaik

“Pemerintah daerah akan merekrut tenaga profesional, dengan demikian untuk bisa memasuki P3K ini mereka sudah berpengalaman di bidangnya, bukan yang baru atau fresh graduate. Persyaratannya minimal tiga tahun sudah bekerja di bidangnya dan dibuktikan dengan pernyataan dari pimpinan bersangkutan,” terang Wisnu.

Terkait jadwal pendaftaran, hingga kini Wisnu masih menanti keterangan dari kementrian terkait. Ia menyebut jadwal penerimaan ASN Jateng 2021 diperkirakan mundur dari sebelumnya 30 Mei sampai 13 Juni.

“Namun insya Allah pendaftaran [tetap] Juni ini. Di Provinsi Jateng [untuk lokasi ujian  SKD] akan dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang. Sementara yang PPPK menunggu dari kementrian, namun dimungkinkan melalui sistem online,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya