SOLOPOS.COM - Beberapa situs internet hingga aplikasi media sosial sempat tidak bisa diakses karena adanya gangguan pada layanan internet Cloudflare. (Bisnis/Freepik).

Solopos.com, JAKARTA – Gegara layanan jasa jaringan Cloudflare padam, beberapa situs internet hingga aplikasi media sosial down tak bisa diakses pada, Selasa (21/6/2022) siang.

Situs internet seperi Discord dan Canva yang menggunakan layanan internet Cloudflare tak bisa diakses akibat gangguan tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beberapa layanan teknologi juga telah mengkonfirmasi terkena pemadaman adalah outlet berita Register, Grow, Buffer, iSpirt, Upstox, dan Social Blade.

Melalui akun Twitternya, Cloudflare mengatakan bahwa pihaknya sedang mengidentifikasi masalah dan mencoba memperbaikinya.

“Tim Cloudflare mengetahui masalah layanan saat ini dan bekerja untuk menyelesaikannya secepat mungkin. Pembaruan dapat diikuti di sini,” tulis akun @Cloudflare pada Selasa (21/6/2022) siang.

Baca juga: Ingin Lihat Fenomena Langka 5 Planet Berjajar di Langit, Ini Caranya

Namun selang 25 menit kemudian, Cloudflare mengumumkan bahwa masalah dengan server mereka telah terselesaikan.

“Masalah telah diidentifikasi dan perbaikan sedang diterapkan,” ujar Cloudflare.

Sampai Rabu (22/6/2022), situs maupun aplikasi yang menggunakan layanan Cloudflare sudah bisa diakses kembali.

Untuk diketahui Cloudflare merupakan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang menyediakan jasa jaringan penghantaran konten serta pembuatan infrastruktur internet atau yang biasa disebut Content Delivery Networks.

Baca juga: Awas! Penipuan Kripto di LinkedIn, Pelaku Menyamar Penasihat Keuangan

Cloudflare juga menyediakan jasa keamanan situs web atau Distributed Denial-of-Service (DDoS), keamanan Internet, dan peladen nama domain terdistribusi.

Dilansir dari TechCrunch pada Selasa (21/6), pemadaman Cloudflare kemarin telah melanda beberapa layanan populer termasuk Discord, Omegle, DoorDash, Crunchyroll, NordVPN, dan Feedly.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Apa Itu Cloudflare yang Sempat Bikin Layanan Internet Down Kemarin?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya