SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengiriman paket. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Jasa ekspedisi tak terpengaruh dengan penurunan harga BBM.

Solopos.com, SOLO — Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai Selasa (5/1/2016) tidak langsung memengaruhi tarif jasa ekspedisi. Hal ini karena BBM dinilai tidak memberi pengaruh besar dalam penentuan tarif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Cabang JNE Solo, Bambang Widiatmoko, menjelaskan perubahan tarif biasanya dievaluasi setiap dua tahun sekali. Menurut dia, komponen BBM tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam penentuan tarif pengiriman paket.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tarif ditentukan dari kantor pusat tapi biasanya dievaluasi setiap dua tahun sekali dan terakhir perubahan pada 2015 sehingga tahun ini kemungkinan harga masih sama. Harga BBM tidak berpengaruh karena waktu ada kenaikan harga BBM, tarif juga masih sama,” ungkap Bambang, Rabu (6/1/2016).

Namun menurut dia, evaluasi tarif setiap dua tahun sekali tersebut juga tidak lantas ada kenaikan tarif, ada kemungkinan tarif masih sama, tergantung kondisi.

Dia mengungkapkan saat ini pengiriman paket cenderung normal setelah sebelumnya sempat naik pada Natal dan Tahun Baru. Dia mengatakan barang yang dikirim kebanyakan adalah barang niaga oleh pedagang online shop.

Koordinator Operasional Pahala Ekspres, Pambudi Bagus Purwanto, juga mengatakan kemungkinan tarif paket tidak akan berubah meski harga BBM telah turun. Dia menyampaikan harga ditentukan oleh kantor pusat dengan perubahan dilakukan setiap setahun sekali, biasanya di pertengahan tahun.

Oleh karena itu, perubahan harga BBM dinilai tidak akan berpengaruh secara signifikan dalam perubahan tarif. Dia mengatakan tarif tetap sama hingga saat ini masih sama, yakni Rp27.500 untuk lima kilogram pertama dan selanjutnya Rp5.500/kg.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan saat ini pengiriman ada kenaikan meski tidak signifikan setelah menurun pada momen Tahun Baru. Hal ini karena aktivitas masyarakat kembali normal setelah sebelumnya libur panjang akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya